Pasangan Walikota-Wawalikota Mojokerto Terpilih Hari ini Dilantik Gubernur Jatim - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pasangan Walikota-Wawalikota Mojokerto Terpilih Hari ini Dilantik Gubernur Jatim

Mas'ud Yunus - Suyitno
Mojokerto-(satujurnal.com)
Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Mojokerto terpilih, Mas’ud Yunus dan Suyitno akan dilantik Gubernur Jawa Timur Soekarwo sebagai Walikota Mojokerto periode 2013-2018.

Prosesi pelantikan akan digelar di GOR dan Seni Mojopahit, Jalan Gajahmada 149 Mojokerto, Minggu (08/12/2013) sekitar pukul 13:00 WIB nanti.

Sekitar 1.000 undangan dari berbagai unsur dan elemen masyarakat akan menyaksikan pelantikan pasangan yang sebelumnya menjabat wakil walikota dan sekkota Mojokerto tersebut.

Mas’ud Yunus sebelumnya menjabat wakil walikota Mojokerto mendampingi Abdul Gani Suhartono kurun 2009 -2013. Duet Gani – Mas’ud berlabel Annur Mas usungan PDI-P yang memenangi Pilwali Mojokerto langsung pertama 27 Oktober 2008  memegang kendali Pemkot Mojokerto hingga 5 Desember 2013 lalu. Abdul Gani yang sudah menjabat walikota Mojokerto dua periode berturut-turut tak berkesempatan lagi duduk di kursi  yang sudah didudukinya selama dua periode sejak 2004 tersebut.

PDI-P kembali mengusung Mas’ud Yunus untuk running Pilwali Mojokerto. Ia diduetkan dengan Suyitno, Sekkota Mojokerto. Pasangan berjuluk MY (Mas’ud – Yitno) ini unggul dalam Pilwali Mojokerto yang digelar 29 Agustus 2013, menyisihkan lima pasangan kandidat lainnya. 

Jalan panjang Mas’ud Yunus hingga menjadi orang nomor wahid di kota kecil dengan dua kecamatan ini diawali saat ia menggantikan posisi calon wakil walikota Noer Cholis (alm.) yang notabene kakak kandungnya. Sedianya Noer Cholis duet dengan calon walikota Abdul Gani Suhartono yang berposisi sebagai incumbent untuk running Pilwali langsung Oktober 2008. Duet Abdul Gani – Nur Cholis yang kadung pasang label Annur akhirnya berganti menjadi Annur Mas (Abdul Gani – Mas’ud Yunus). Pasangan politisi – ulama ini menang mutlak, meraup 64 persen suara, mengungguli tiga kandidat lainnya.

Sementara itu, Suyitno, sebelum berduet dengan Mas’ud Yunus,  menjabat sebagai Sekkota Mojokerto sejak 14 Pebruari 2006. Pria kelahiran Mojokerto yang menapaki karir sebagai PNS mulai tahun 1986 sebagai staf di Dinas Perikanan Propinsi Sulawesi Utara, lalu migrasi ke Dinas Perikanan Propinsi Jawa Timur. Tahun 1993 alumnus Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya ini pindah dinas di Pemkot Mojokerto menjabat Kasi Perikanan Dinas Pertanian Kota Mojokerto. Berselang lima tahun, ia kemudian menjabat Kepala Dinas Pertanian, lalu dipercaya memegang kendali Bappeko hingga akhirnya menjabat sebagai Sekkota Mojokerto menggantikan posisi yang dilepas Soebiantoro.

Pelantikan Mas’ud Yunus dan Suyitno tidak bertepatan dengan masa berakhirnya jabatan Abdul Gani Suhartono – Mas’ud Yunus, 5 Desember 2013 lantaran Gubernur Soekarwo mendampingi Presiden SBY yang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, 5 – 8 Desember 2013.

Semula, prosesi pelantikan senilai Rp 134 juta itu sedianya digelar di depan Pendopo Pemkot Mojokerto dengan menggelar tenda besar. Namun protokoler gubernur menghendaki agar pelantikan dilakukan secara indoor. Akhirnya diputuskan prosesi pelantikan digelar di GOR dan Seni Mojopahit, jalan Gajahmada,  sebelah utara perkantoran Pemkot Mojokerto. Selama prosesi berlangsung, jalur jalan Gajahmada sisi timur ditutup total bagi pengguna jalan. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional