Akibat Lahar dingin Kelud, Dam Gude Tersumbat Ratusan Kubik Material Kayu - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Akibat Lahar dingin Kelud, Dam Gude Tersumbat Ratusan Kubik Material Kayu

Jombang-(satujurnal.com)
Terjangan lahar dingin dari Gunung Kelud yang membawa jutaan kubik matrial pasir dan kayu,mengakibatkan dam Gude Desa Bugasur Kecamatan Gudo, Jombang tersumbat ratusan kubik kayu. Puluhan warga bersama polisi melakukan pembersihan dengan alat seadanya.

Arus deras lahar dingin dari Gunung Kelud semalam membawa matrial pasir dan jutaan kubik kayu dan sampah melewati sungai Konto dari Ngantang hingga Gude Desa Bugasur Kecamatan Gudo, Jombang. Kondisi ini menyebabkan dam Desa Bugasur tersumbat ratusan kubik kayu. Hamparan sampah dan kayu diperkirakan sepanjang 100 meter. Akibatnya, dari 4 pintu air hanya 2 pintu air yang berfungsi mengalirkan derasnya arus sungai Konto.

Agar air bisa mengalir dan tidak merusak tanggul,polisi bersama warga sekitar melakukan pembersihan  secara manual dengan mengambil satu persatu kayu ranting dan sampah di dam Gude. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional