copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Jaga Kelestarian Lingkungan, Siswa di Jombang Bentuk Polisi Air

Jombang-(satujurnal.com)
Sejumlah siswa SMP Negeri 1 Wonosalam, Jombang membentuk satuan tugas polisi air. Selain untuk memperingati Hari Air Sedunia (World Day for Water), juga untuk mengetahui tingkat pencemaran air sungai di sekitar mereka. 

Para anggota polisi air yang merupakan tim penyelamat sungai ini memantau berbagai hewan tak bertulang belakang atau avertebrata yang ada di sungai  kemudian diidentifikasi dengan menggunakan rumus tertentu. Dengan metode itu, dapat diketahui apakah kondisi air disungai sudah tercemar atau masih bersih.

Sebelum melakukan identifikasi sejumlah hewan avertebrata yang ada di sungai, para polisi air ini mendapat arahan dari pembimbing mereka terkait teknis pencarian dan identifikasi.

Salah satu lokasi yang menjadi target mereka yakni sungai Gogor, Desa Wonosalam.Dengan berbekal jaring sederhana para sukarelawan polisi air ini menyusuri sungai untuk mendapatkan berbagai jenis serangga tak bertulang belakang yang berhabitat di sungai.

Setelah mendapatkan berbagai jenis serangga yang dicari  sebagian dari mereka kemudian meletakkannya di sebuah loyang. Sementara sebagian lainnya bertugas memilah satu-persatu serangga sesuai jenis masing-masing.

Serangga-serangga ini dipisahkan sesuai dengan kategori yang paling rentan terhadap pencemaran, hingga yang paling kuat terhadap pencemaran.

Setelah dilakukan pemisahan terhadap serangga sungai sesuai ketahanannya, kemudian jumlah serangga yang ditemukan dihitung dengan rumus tertentu, yakni jumlah serangga yang ditemukan dibagi dengan indeks toleransi masing-masing serangga.

Setelah dihitung sesuai rumus ternyata sungai masih dinyatakan bersih dan hanya mengalami kemungkinan tercemar ringan. untuk itu para siswa kemudian memansang bendera hijau di pinggir jalan menuju sungai yang menandakan kondisi air sungai tersebut masih bersih.

Kegiatan sukarelawan polisi air ini memang sudah berjalan cukup lama,  sejak 4 tahun yang lalu. Namun karena kegiatan ini merupakan kegiatan ekstrakulikuler banyak siswa yang kemudian tidak mengikuti kegiatan semacam ini. (rg)

Labels: lingkungan hidup, pendidikan

Terima Kasih Telah Membaca Jaga Kelestarian Lingkungan, Siswa di Jombang Bentuk Polisi Air. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Jaga Kelestarian Lingkungan, Siswa di Jombang Bentuk Polisi Air"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top