Headlines :
Home » , » 35 Kelompok Paskibraka Beradu Kreativitas di Ajang ‘Gelegar

35 Kelompok Paskibraka Beradu Kreativitas di Ajang ‘Gelegar

Written By Satu Jurnal on Minggu, 27 April 2014 | 14.09

Jombang-(satujurnal.com)
Puluhan kelompok Paskibraka (pasukan pengibar bendera pusaka) dari berbagai daerah di Jawa Timur beradu kemampuan baris-berbaris dalam Lomba Gerak Langkah Kreativitas Generasi Pengibar Bendera atau Gelegar kembali dilangsungkan di GOR Kota Jombang, Minggu (27/04/2014). Tak hanya kelompok paskibraka daerah di Jawa Timur saja yang antusias mengikuti lomba, namun sejumlah kelompok paskibraka Jawa Barat pun ikut berkompetisi dalam lomba yang sudah berlangsung sejak sembilan tahun silam tersebut.

Lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan baris berbaris, serta menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air tersebut diikuti 35 kelompok Paskibraka dari 30 daerah di Jawa Timur. 

Agar menjadi juara, masing-masing kelompok paskibraka  harus mampu memadukan antara keserasian baris-berbaris yang dipadu dengan koreografi daerah secara harmonis. 

Panitia mebatasi durasi penampilan per kelompok, maksimal sepuluh menit. Waktu yang relatif terbatas untuk penampilan sebuah kelompok rupanya menjadi pemacu, hingga setiap kelompok menampilkan gerakan dasar paskibraka hingga gerakan baris-berbaris yang atraktif. 

Beberapa juri penilai, berasal dari unsur TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, Kepolisian, dan Paskibraka Provinsi.

Dalam lomba yang yang menitikberatkan penilaian pada tiga aspek, diantaranya  kekompakan, keindahan gerak serta formasi tersebut, diharapkan mampu merangsang para remaja semakin aktif dan mencintai kegiatan ektrakurikuler Paskibraka, Selain itu juga untuk meningkatkan rasa patriotisme, juga menghindarkan diri dari narkoba atau kegiatan negatif lainnya.

Seluruh akomodasi peserta lomba ditanggung panitia. Sementara bagi pemenang lomba akan mendapatkan dana pembinaan berupa tabungan dan trophy tetap dari panitia.(rg)



Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved