copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

KA Malabar Anjlok, 3 Penumpang Tewas

Tasikmalaya-(satujurnal.com)
Kereta Malabar jurusan Bandung-Malang yang sedang melintas di Kampung Terung RT 5 RW 9 Desa Mekarsari, Kecamatan Kadipaten, Tasikmalaya, Jawa Barat di KM 244 antara Ciawi-Cirahayu anjlok dan terguling ke dalam jurang Jum’at (04/04/2014) malam.

Sepanjang 50 meter rel kereta di lokasi kecelakaan terputus. Rel tersebut masuk ke dalam jurang bersamaan dengan gerbong kereta yang terperosok. 

“Kejadiannya sekitar pukul 18:30 WIB. Kawasan tersebut merupakan daerah yang rawan longsor,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Jumat malam (04/04/204).

Sementara itu, pernyataan BNPB yang menyebut terdapat 5 korban dalam insiden ini dibantah Kepala BPBD Tasikmalaya Kundang Sodikin yang menyatakan korban tewas mencapai 3 orang.

"Korban yang 2 orang selamat. Jadi yang tewas 3 orang," kata Kundang di lokasi kejadian.

Menurut Kundang, korban selamat saat ini dilarikan ke Puskesmas Kecamatan Ciawi, Tasikmalaya. Sementara korban tewas dibawa ke Rumah Sakit Kota Tasikmalaya. "Korban tewas karena terjepit gerbong," terang dia.

Upaya evakuasi hingga kini masih dilakukan petugas. Tim gabungan PT KAI, TNI, Polri, BPBD Tasikmalaya, Basarnas, PMI, Tagana, dan masyarakat masih melakukan upaya penanganan kecelakaan tersebut.

Kereta api Malabar membawa 250 penumpang. Saat ini proses evakuasi masih terus berlangsung di lokasi kejadian. 

Lokasi kejadian yang cukup jauh dari pemukiman menyebabkan proses evakuasi mengalami kesulitan. Lokasi yang berada di wilayah perbukitan dan lembah itu menyulitkan petugas dan bantuan untuk mengevakuasi korban.

"Jumlah penumpang sekitar 250 orang. Para penumpang terpaksa dialihkan menggunakan kendaraan bus untuk jurusan Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur," jelasnya.

Dari seluruh penumpang, 211 orang dievakuasi menggunakan kereta api menuju Stasiun Cipeundeuy, Malangbong, Garut. Namun 35 orang cuma terevakuasi di tempat kejadian dan tidak diangkut ke tempat lain karena tidak mau menaiki kereta api. 

BPBD Tasikmalaya mengatakan semua penumpang selamat menunggu tindakan lanjutan dari PT Kereta Api. "Situasi sekarang mulai kondusif," begitu pernyataan BPBD.

Kereta Malabar adalah kereta ekspress yang melayani rute Bandung-Malang sejak April 2010. Kereta ini menempuh perjalanan sejauh 779 kilometer melalui beberapa stasiun di antaranya Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Kebumen, Jogjakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Kediri. Kereta ini terdiri dari tiga gerbong kelas Eksekutif, dua kelas Bisnis, dua kelas Ekonomi AC, satu kereta makan, dan dua kereta bagasi. (tmp/b/one)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: peristiwa

Terima Kasih Telah Membaca KA Malabar Anjlok, 3 Penumpang Tewas. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "KA Malabar Anjlok, 3 Penumpang Tewas"

Back To Top