Lembar Jawban UN Bahasa Inggris ‘Error’ - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Lembar Jawban UN Bahasa Inggris ‘Error’

Jombang-(satujurnal.com)
Memasuki hari terakhir ujian nasional (UN) SMA sederajat, masih saja ditemukan sejumlah masalah. Ki Kabupaten Jombang,siswa kesulitan mengerjakan soal ujian bahasa Inggris karena lembar soal dan jawaban tidak sama, yakni di lembar soal terdapat lima pilihan a-b-c-d-e sedangkan di lembar jawaban hanya terdapat 4 pilihan a-b-c-d. 
Untuk mensiasatinya pihak sekolah memberikan solusi dengan memilih jawaban e disilang pada lembar soal dan lembar jawaban ditandai untuk pilihan e yang kemudian akan dilaporkan ke pengawas independent dari unsur perguruan tinggi.

Seperti yang terjadi di SMAN 2 Jombang. Para siswa kelas XII jurusan IPS terlihat serius menghadapi ujian di hari terakhir. Namun mereka dibuat bingung lantaran mata ujian Bahasa Inggris ‘bermasalah. Tak hanya di SMAN 2, siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Mojosongo, Jombang mengalami hal serupa.

Mereka mengaku kesulitan mengerjakan mata ujian Bahasa Inggris karena lembar soal dan lembar jawaban tidak sesuai. Para siswa tak bisa konsentrasi penuh menghadapi UN di hari terakhir karena  dibingungkan dengan soal  ujian bahasa inggris yang bermasalah. Namun setelah mendapat petunjuk guru dan pengawas mereka bisa mengerjakannya dengan solusi memilih jawaban dengan menyilangnya pada lembar soal.

Pihak sekolah menjelaskan masalah pada soal ujian Bahasa Inggris terdapat pada lembar soal dan jawaban yang tidak sesuai, Pada lembar soal terdapat 5 pilihan a-b-c-d-e sedangkan pada lembar jawaban hanya 4 pilihan yakni a-b-c-d. Solusi sementara yakni siswa memilih jika jawaban e disilang pada lembar soal dan pada lembar jawaban diberi tanda.

Meski terdapat masalah pada mata ujian bahasa inggris namun siswa dan guru optimis tidak menjadi masalah serius,hanya saja masalah tersebut kian memperburuk citra lembaga pendidikan.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional