copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Tekan Angka Pengangguran Terbuka, Disnakertrans Kota Mojokerto Cetak Wirausaha Baru

Mojokerto-(satujurnal.com)
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Mojokerto  kembali menggelar pelatihan kewira-usahaan bagi calon wirausaha baru (WUB).

Selama lima hari, mulai Senin (21/04/2014) 25 peserta dilatih berbagai materi tentang kewirusahaan di Hotel Puri Srijaya, Pacet, Mojokerto.

"Pelatihan WUB kami gelar untuk mengantisipasi dan mengatasi tingginya angka pengangguran dan rendahnya kualitas sumber daya manusia," kata Kepala Disnakertrans Kota Mojokerto, Amin Wachid, saat memberi sambutan dalam pembukaan pelatihan WUB, Senin (21/04/2014).


Bimbingan WUB, kata Amin Wachid, merupakan program kebijakan jangka pendek dengan memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan penempatan kerja, baik pekerjaan di sektor maupun sektor informal. 

"Selain optimalisasi penempatan kerja sektor formal, juga kita berupaya melakukan optimalisasi perluasan kerja sektor informal, diantaranya bimbingan WUB ini," ujarnya.

Setidaknya, lanjut Amin Wachid, bagi peserta bimbingan WUB akan terjadi peningkatan pola pikir dan menambah kedewasaan dalam pola bertindak. "Juga berdampak pada aspek disiplin, tanggung jawab, percaya diri serta menumbuhkan jiwa-jiwa kreatifitas dan kemandirian," tandasnya.

Untuk menjadi wirausahawan baru, lanjut dia, Disnakertrans juga melakukan penilaian langsung guna melihat bakat dan minat peserta. Setelah itu para peserta dipersiapkan untuk melakukan praktek memproduksi produk barang dan jasa.

Para calon wirausaha pemula tersebut selain dibekali dengan pelatihan manajemen dan kemampuan berusaha, juga akan mendapatkan uang saku, sertifikat dan bantuan sarana usaha.

“Setiap tahun kita menggelar kegiatan pemberian fasilitasi dan mendorong sistem pendanaan pelatihan berbasis masyarakat melalui bimbingan WUB. Para wirausaha pemula ini diharapkan dapat menjadi wirausaha produktif dan mandiri sebagai salah satu upaya untuk menurunkan jumlah angka pengangguran di Kota Mojokerto," tukasnya.

Terkait angka pengangguran terbuka Kota Mojokerto, Amin Wachid menyebut,  tahun 2012 sebesar 7,31 % dan Tahun 2013 sebesar 5,68 %. Untuk menekan angka pengangguran, selain menggelar pelatihan bagi pencari kerja seperti pelatihan WUB, pihaknya juga secara intensif menginformasikan lowongan kerja melalui situs resmi Pemkot Mojokerto dan papan pengumuman depan kantor Disnakertrans, Kecamatan dan kelurahan.

Selain itu juga bekerjasama dengan perusahaan di Kota Mojokerto dengan cara memberikan data base pencari kerja ke perusahaan. 

"Bulan Juni dan September nanti kita gelar 'job fair' atau bursa lowongan kerja," pungkas dia.(one)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pemkot mojokerto

Terima Kasih Telah Membaca Tekan Angka Pengangguran Terbuka, Disnakertrans Kota Mojokerto Cetak Wirausaha Baru. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Tekan Angka Pengangguran Terbuka, Disnakertrans Kota Mojokerto Cetak Wirausaha Baru"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top