Headlines :
Home » , » Choco Broo Sang Penakluk Radikal Bebas

Choco Broo Sang Penakluk Radikal Bebas

Written By Satu Jurnal on Minggu, 04 Mei 2014 | 20.00


Pola makan masyarakat dewasa ini mengarah pada konsumsi pangan dengan ”food for health” sebagai acuan. Pola hidup sehat yang didukung oleh konsumsi makanan sehat banyak dilakukan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, mengingat begitu banyak penyakit-penyakit degeneratif yang timbul akibat konsumsi makanan tidak sehat. Dengan demikian pangan fungsional sebagai pangan yang tidak hanya memberikan nilai gizi tetapi juga memberikan efek positif terhadap kesehatan banyak dipilih oleh masyarakat. 

Dalam hal ini, brokoli yang merupakan salah satu bahan pangan dari suku kubis-kubisan atau Brassicaceae dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan pangan fungsional karena brokoli (Brassica oleracea var Italica) mengandung zat gizi berupa karbohidrat, protein, lemak,  serat, air, mineral dan bermacam vitamin terutama vitamin, C dan E. 

Selain itu brokoli juga mengandung sulforafan, sebuah senyawa yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjadi kekuatan utama untuk melawan infeksi dan inflamasi. Kandungan sulforafan brokoli mampu mendetoksifikasi dan secara efektif mengeluarkan penyebab inflamasi. Selain brokoli, kacang tanah juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan pangan fungsional karena mengandung vitamin E yang merupakan sumber antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan melihat potensi kandungan gizi dari brokoli dan kacang tanah dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka kami menciptakan suatu inovasi produk baru berbasis pangan fungsional dari bahan-bahan tersebut berupa vegetable chocolate praline “Choco Broo”. Choco Broo merupakan produk hasil pengembangan dari suatu produk cokelat yaitu cokelat Praline. Pemilihan produk cokelat sebagai suatu inovasi produk pangan fungsional didasarkan atas tingginya tingkat konsumerisme masyarakat. 

Choco Broo merupakan suatu produk berbentuk bulat yang dibuat dengan mengkombinasikan brokoli dan kacang tanah serta dilapisi oleh cokelat dilengkapi dengan topping berupa rice crispy. Choco broo diproses secara sederhana melalui proses pemanasan minimal untuk mempertahankan kandungan gizi dari bahan baku aslinya. Dalam satu sajian choco broo mengandung zat gizi lengkap berupa karbohidrat yang berasal dari rice crispy, protein dari kacang tanah, lemak dari cokelat serta vitamin dan mineral dari brokoli. *

*) Penulis ; Walidati Ikhda , R.Aj. Nura Irma, Hannes Dwi Nova, Zulyaningsih
Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang, Program Studi Ilmu Dan Teknologi Pangan, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved