Headlines :
Home » » Jembatani Dunia Kerja, Disnakertrans Kota Mojokerto Gelar Job Fair

Jembatani Dunia Kerja, Disnakertrans Kota Mojokerto Gelar Job Fair

Written By Satu Jurnal on Sabtu, 31 Mei 2014 | 00.51

Amin Wachid
Mojokerto-(satujurnal.com)
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Mojokerto menggulirkan Job Fair, di GOR dan Seni Mojopahit, jalan Gajahmada, Kota Mojokerto, 11-12 Juni mendatang.

“Job Fair kita gelar untuk mempertemukan job seeker (pencari kerja) dengan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Target kita, tentunya menurunnya angka pengangguran yang kini pada posisi 5, 68 persen dari jumlah angkatan kerja produktif,” kata Kepala Disnakertrans Kota Mojokerto, Amin Wachid, Jum’at (30/5/2014).

Menurut Amin, Job Fair atau pameran bursa tenaga kerja yang pertama kali digelar Disnakertrans Kota Mojokerto ini mendapat respon positif pelaku usaha. Animo perusahaan dalam helatan menyambut Hari Jadi Kota Mojokerto ke 96 in pun ternyata relatif tinggi. Tercatat, H-11 sudah masuk 23 perusahaan, jasa, retail, industri dan lain-lain di Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya yang menyatakan kesiapannya berpartisipasi.

“Sampai H-11 hari ini, sudah 23 perusahaan yang menyatakan keikutsertaannya dalam Job Fair. Dari jumlah itu saja terakumulasi sebanyak 1607 lowongan kerja,” ungkapnya. 

Angka lowongan kerja yang terdata dari masing-masing perusahaan yang mengisi aplikasi peserta itu, menurut Amin, jauh diatas target awal, yakni 1.000 lowongan kerja. “Bisa jadi, terakumulasi 2.000 lowongan kerja. Karena target peserta, 35 perusahaan,” ujar Amin Wachid. 

Soal mekanisme rekruitmen di arena Job Fair indoor ini , menurut Amin, menjadi otoritas perusaaan peserta. “Akan ada beberapa varian dari interaksi langsung antara para pencari kerja dengan perusahaan terkait proses rekruitmen karyawan. Ada yang langsung wawancara, ada juga yang menerapkan mekanisme lain,” katanya. 

Yang pasti, lanjut Amin, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan cukup besar dalam Job Fair. Karenanya, ia berharap para pencari kerja mempersiapkan diri dengan baik. Termasuk membawa CV lengkap. 

Amin menyebut, selain untuk kebutuhan perusahaan yang membutuhkan karyawan,  lamaran yang dibawa para pencari kerja akan menjadi data base bagi Disnakertrans. “Data base ini bagian dari tindaklanjut Job Fair. Dengan data base, akan diketahui keahlian dan lulusan para pencari kerja. Jika usai Job Fair ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan spesifikasi tertentu, kita bisa membuka data base itu untuk kita sambungkan dengan perusahaan yang bersangkutan,” paparnya. 

Soal publikasi Job Fair, Amin mengatakan sudah dilakukan secara kontinyu. “Publikasi kita pasang di banyak tempat. Dari flyer yang ditempel di setiap kantor kelurahan hingga baliho besar di titik strategis,” katanya seraya menyebut, acara yang sama akan digelar bulan September mendatang. (one) 

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved