copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

PPDB Kota Mojokerto : Sekitar 700 Lulusan SMP Terancam Tak Tertampung di SMA/SMK Negeri

Mojokerto-(satujurnal.com)
Sekitar 700 siswa lulusan SMP di wilayah Kota Mojokerto diprediksi tak tertampung di SMA/SMKN negeri pada tahun ajaran baru 2014/2015. 

Angka itu merupakan hasil pemetaan sementara Dinas P dan K Kota Mojokerto, menyusul bakal digelarnya PPDB (penerimaan peserta didik baru) online Juni - Juli nanti.

“Berdasarkan data jumlah peserta UN SMP/MTs di wilayah Kota Mojokerto, pada PPDB SMA/SMK negeri Kota Mojokerto, kami perkirakan ada sekitar 700 calon siswa baru tidak tertampung,” kata Sekretaris Dinas P dan K Kota Mojokerto, Sunardi, Minggu (25/05/2014).

Angka itu, menurut Sunardi, dipetakan dari perkiraan kompetisi menerobos bangku sekolah SMA/SMK negeri dari siswa lulusan SMP di wilayah Kota Mojokerto dan luar kota. 

Hanya saja, Sunardi belum membeber secara rinci hasil pemetaan yang ia sebut. “Masih tahap perkiraan. Asumsinya, dari jumlah keseluruhan lulusan SMP di wilayah Kota Mojokerto dan kuota PPDB SMA/SMK negeri untuk siswa luar kota  dibanding daya tampung tiga SMAN dan 2 SMKN yang ada,” tukasnya.  

Asumsi hingga ratusan lulusan SMP yang tidak tertampung di SMA/SMK negeri tersebut, kata Sunardi, diantaranya terkait angka serapan belum meningkat secara signifikan, kendati pun tahun ajaran 2014/2014 ada penambahan tiga jurusan di SMKN 2. 

Meski belum terjadi peningkatan angka serapan lulusan SMP ke SMA/SMK negeri secara signifikan, pihaknya mengimbau calon siswa agar tak perlu khawatir. Karena, sekolah-sekolah swasta di Kota Mojokerto saat ini sudah semakin baik kualitasnya.

"Ini kesempatan bagi pengelola sekolah swasta untuk berkompetisi lebih maju lagi. Tunjukkan kualitas terbaik supaya menjadi daya tarik orangtua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah mereka," kata Sunardi.

Hal itu juga agar terjadi pemerataan siswa di sekolah negeri dan swasta. Jangan sampai bertumpuk di negeri," tukasnya.
Seperti diberitakan, mulai tahun ini Kota Mojokerto menerapkan sistem PPDB online, seperti termaktub dalam Perwali Mojokerto Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan PPDB Tahun 2014.

Diatur dalam perwali, dari keseluruhan kuota bangku SMA/SMK negeri, siswa yang berdomisili atau sekolah di wilayah Kota Mojokerto mendapat porsi 90 %. Selebihnya untuk siswa luar kota. 

Dari 90 % kuota untuk siswa asal Kota Mojokerto, dipatok 10 persen untuk jalur non akademik atau jalur prestasi. Pun dari 10 % kuota siswa luar kota, juga dipasang 10 % untuk jalur non akademik. 

Aturan main dalam PPDB secara real time online ini menyebabkan kompetisi memperebutkan bangku sekolah plat merah itu kian ketat. 

Sementara itu, data Dinas P dan K Kota Mojokerto menyebutkan, jumlah peserta ujian nasional SMP di Kota Mojokerto sebanyak 2.720 siswa. Terdiri dari 67 siswa MTs dari dua lembaga, lalu 627 siswa SMP swasta dari delapan lembaga. Serta  2.026 siswa SMPN dari 10 lembaga. Total 10 lembaga SMPN itu terdiri dari sembilan SMPN dan satu SMP terbuka yang menggunakan fasilitas pembelajaran di SMPN 3. Selain SMP Terbuka, ada satu sekolah lagi yang ujiannya digabung yakni SMP Al-Azhar. Empat siswa SMP Al-Azhar akan ujian di SMPN 6.

Ribuan siswa yang terkategori siswa dalam kota plus siswa luar kota namun berdomisi di Kota Mojokerto inilah yang akan memperebutkan kursi pada kuota 90 % dalam PPDB SMA/SMK negeri. (one)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pendidikan

Terima Kasih Telah Membaca PPDB Kota Mojokerto : Sekitar 700 Lulusan SMP Terancam Tak Tertampung di SMA/SMK Negeri . Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "PPDB Kota Mojokerto : Sekitar 700 Lulusan SMP Terancam Tak Tertampung di SMA/SMK Negeri "

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top