Headlines :
Home » » Atasi Lahan Makam yang Kian Sempit, Pemkot Siapkan Rp 1 M

Atasi Lahan Makam yang Kian Sempit, Pemkot Siapkan Rp 1 M

Written By Satu Jurnal on Kamis, 05 Juni 2014 | 16.50

Mojokerto-(satujurnal.com)
Permasalahan lahan pemakaman masih menjadi masalah serius bagi Pemkot Mojokerto. Menyusul kian sempitnya lahan yang tersedia. Untuk kepentingan ini Pemerintahan Kota Mojokerto menganggarkan Rp 1 miliar dalam APBD 2014.

"Ada penganggaran Rp 1 miliar untuk belanja modal pengadaan tanah makam pada pos administrasi pemerintahan," kata Kabag Administrasi Pemerintahan Sekkota Mojokerto, Moch Imron, Kamis (05/06/2014).

Namun untuk obyek dan luasan lahan yang akan difungsikan untuk lahan pemakaman tersebut sejauh ini masih belum ditentukan.

"Masih belum ditentukan. Yang pasti di wilayah Kecamatan Prajurit Kulon," sergahnya.

Menurutnya, ada tahapan yang harus dilalui kalau kita merealisasikan pengadaan tanah makam, seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

Tahapan itu terkait persiapan, perencanaan dan pelaksanaan. "Pada tahap persiapan, obyek lahan harus sesuai dengan RTRW. Kalau ketentuan ini kita tabrak, tentunya sangat beresiko," ujarnya.

Sedang yang merencanakan, mengacu UU 2/2012, menurut Imron, yakni DKP, bukan Bagian Administrasi Pemerintahan.

Soal realiasi pembelian tanah makam, kata Imron, ada apraisal yang nantinya merekomendasi kelayakan dan harga akhir negosiasi dengan pemilik lahan yang akan difungsikan sebagai lahan makam.

Menurut Imron, salah satu persoalan krusial kian sempitnya areal pemakaman umum akibat dimakamkannya warga perumahan di pemakaman umum, bukan dimakamkan di pemakaman yang disediakan pengembang.

"Ini gejala tak sehat yang ditunjukkan sejumlah pengembang perumahan yang tak menyediakan lahan pemakaman sebagai satu kesatuan dari fasilitas umum. "Salah satu faktor terjadinya penambahan lahan makam, ketidakpatuhan pengembang perumahan terhadap prasyarat ketersedian lahan makam," tukasnya.(one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved