Headlines :
Home » » Berebut Gunungan Tandai Datangnya Bulan Ramadhan

Berebut Gunungan Tandai Datangnya Bulan Ramadhan

Written By Satu Jurnal on Rabu, 25 Juni 2014 | 19.40

Jombang(satujurnal.com)
Tradisi rebutan gunungan hasil bumi digelar warga Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Rabu (25/06/2014). Helatan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini selain sebagai bentuk rasa syukur,  tradisi ini sarat harapan agar selama bulan puasa warga dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk. 

Ratusan warga yang terlibat dalam tradisi gunungan ini berebut aneka sayur mayur. Dalam sekejap, gunungan setinggi dua meter langsung ludes.

“Tradisi rebutan gunungan tumpeng hasil bumi ini sebagai bentuk sambutan datangnya bulan suci ramadan. Sayur mayur hasil rebutan tersebut nantinya akan dimasak di rumah,” ujar Aminah, salah satu warga. 

Sebelum gunungan tumpeng hasil bumi setinggi dua meter ini diperebutkan, terlebih dahulu diarak keliling kampung diiringi ratusan warga. Selain gunungan tumpeng juga diiringi marching band dan sepeda hias yang diikuti anak-anak.

Abdul Munir, tokoh masyarat desa setempat mengatakan, berebut gunungan aneka hasil bumi merupakan tradisi turun temurun dan terus dijaga oleh warga desa. 

“Tradisi gunungan menyambut datangnya bulan suci ramadhan selalu digelar warga, sebagai bentuk rasa syukur, tujuannya adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bisa menjalankan ibadah puasa lebih khusyuk,” katanya. (rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved