copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Berebut Gunungan Tandai Datangnya Bulan Ramadhan

Jombang(satujurnal.com)
Tradisi rebutan gunungan hasil bumi digelar warga Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Rabu (25/06/2014). Helatan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini selain sebagai bentuk rasa syukur,  tradisi ini sarat harapan agar selama bulan puasa warga dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk. 

Ratusan warga yang terlibat dalam tradisi gunungan ini berebut aneka sayur mayur. Dalam sekejap, gunungan setinggi dua meter langsung ludes.

“Tradisi rebutan gunungan tumpeng hasil bumi ini sebagai bentuk sambutan datangnya bulan suci ramadan. Sayur mayur hasil rebutan tersebut nantinya akan dimasak di rumah,” ujar Aminah, salah satu warga. 

Sebelum gunungan tumpeng hasil bumi setinggi dua meter ini diperebutkan, terlebih dahulu diarak keliling kampung diiringi ratusan warga. Selain gunungan tumpeng juga diiringi marching band dan sepeda hias yang diikuti anak-anak.

Abdul Munir, tokoh masyarat desa setempat mengatakan, berebut gunungan aneka hasil bumi merupakan tradisi turun temurun dan terus dijaga oleh warga desa. 

“Tradisi gunungan menyambut datangnya bulan suci ramadhan selalu digelar warga, sebagai bentuk rasa syukur, tujuannya adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bisa menjalankan ibadah puasa lebih khusyuk,” katanya. (rg)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba serbi

Terima Kasih Telah Membaca Berebut Gunungan Tandai Datangnya Bulan Ramadhan. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Berebut Gunungan Tandai Datangnya Bulan Ramadhan"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top