Headlines :
Home » » Donor Darah Massal Meningkat, Stok Darah Aman

Donor Darah Massal Meningkat, Stok Darah Aman

Written By Satu Jurnal on Minggu, 29 Juni 2014 | 19.49

Mojokerto-(satujurnal.com)
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto memastikan persediaan darah selama bulan puasa ini tercukupi. Permintaan darah per hari pun dipastikan akan terpenuhi. Ini lantaran kurun satu bulan ini sejumlah lembaga memastikan menggelar donor darah massal. Ribuan kantong darah akan terkumpul karena gerakan sosial donor darah tersebut. 

“Saya pastikan persediaan darah selama ramadhan relatif aman. Jadi masyarakat tak perlu dibingungkan persoalan stok darah yang selalu ngedrop selama bulan ramadhan seperti tahun-tahun lalu,” kata Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Mojokerto, Yanuar Hardianto, Minggu (29/06/2014). 

Diantara lembaga yang sudah memastikan menggelar donor massal, yakni Korem 082/CPYJ Mojokerto dan PT Tjiwi Kimia, sejumlah gereja, Vihara dan klenteng Hok Siang Kiong. ’’Ratusan, bahkan ribuan darah akan kita hasilkan selama ada program donor darah itu,’’ terangnya. 

Yanuar menambahkan, permintaan masyarakat terhadap darah rata-rata 40-50 kantong perhari. Sementara, prediksi hasil donor yang akan berlangsung nanti mencapai 600 kantong. 

’’Jumlah itu belum termasuk gereja-gereja dan klenteng di Mojokerto. Saya yakin jumlahnya bisa tembus hingga ribuan,’’ tuturnya.

Dituturkan, minimnya stok darah selama bulan ramadhan biasanya terjadi karena kebutuhan darah tak pernah berhenti meski lebaran tiba. Sehingga, permintaan darah acapkali tak seimbang dengan persediaan. Ujungnya, stok darah nihil. 

PMI Kota Mojokerto, kata Yanuar, selama ini selalu memiliki trik yang cukup manjur. Selama Ramadan berlangsung, mereka menggelar donor darah dengan iming-iming hadiah dan doorprize. Pendonor yang beruntung, bisa membawa hadiah. 

’’Kita hanya memberikan semangat saja. Ini semua juga untuk kepentingan masyarakat umum yang lebih luas,’’ jelas Yanuar.

Yang harus diwaspadai petugas, lanjut dia, saat lebaran nanti. Selama sepekan, stok darah di lemari PMI dipastikan ludes. Masyarakat yang tengah euforia dengan lebaran dipastikan tak memikirkan donor darah. ’’Kalau di stok sekarang, darah akan expired. Tentunya harus ada pendonor saat jelang lebaran nanti,’’ tuturnya.(one)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved