Tradisi Grebek Apem Tandai Awal Ramadhan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tradisi Grebek Apem Tandai Awal Ramadhan

Jombang-(satujurnal.com
Tradisi Grebek Jajanan Apem yang digelar Pemerintah Kabupaten jombang menyambut awal ramadan 1435 H kembali digelar di halaman depan GOR Merdeka jombang, Sabtu (28/06/2014).

Tradisi yang digelar setiap datangnya bulan ramadhan yang juga menandai dimulainya pasar rakyat ini selalu dinanti masyarakat Jombang.

Berebut ribuan kue apem yang tersusun dalam bentuk gunungan bagi masyarakat menjadi moment yang paling ditunggu.

Dalam grebek apem ratusan warga langsung berebut hingga ribuan apem habis. 

Sebelum acara dimulai gunungan yang berisi ribuan apem sudah disiapkan di depan GOR Merdeka. Sementara itu pengunjung yang hadir sudah memenuhi jalan raya Merdeka sejak sore. Mereka sudah bersiap untuk berebut apem.

Tak berselang lama kala pasukan berpakaian Besut membawa gunungan Apem keluar halaman pengunjung yang sudah hadir saling dorong, langsung merangsek dan berebut apem. Tidak kurang dari 15 menit gunungan yang berisi ribuan apem dari bahan non beras itu ludes,
 
Gunungan apem spektakuler dan berebut kue apem adalah tradisi rutin Kabupaten Jombang menandai awal ramadhan.

Tradisi grebek apem tersebut sekaligus menandai dibukanya pasar ramadhan yang bertempat di sepanjang jalan Merdeka.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Jombang Nyono Suhelry. Diharapkan tradisi grebek apem menjadi daya tarik wwisatawan .(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional