Headlines :
Home » » Tradisi Jelang Ramadan, Ribuan Warga Jelakombo Gelar Tumpengan di MakamLeluhur

Tradisi Jelang Ramadan, Ribuan Warga Jelakombo Gelar Tumpengan di MakamLeluhur

Written By Satu Jurnal on Sabtu, 14 Juni 2014 | 10.58

Jombang-(satujurnal.com)
Menjelang bulan suci ramadan ribuan warga Dusun Kwijenan, Desa Jelakombo, Kecamatan Jombang Kota menggelar tradisi tumpengan di makam leluhur
Mbah Buyut Nolo Toerno.

Tradisi yang sudah berlangsung turun temurun menjelang bulan suci ramadan tersebut sebagai bentuk rasa syukur dan berharap agar lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa.

Ribuan warga ini tampak memadati gang menuju makam. Di area makam yang terdapat makam leluhur mbah buyut Nolo Toerno ini juga dijubeli ribuan warga yang membawa tumpeng.

Sebelum menyantap tumpeng bersama-sama, terlebih dahulu salah seorang tokoh masyarakat desa setempat membacakan doa.

Tokoh masyarakat desa Jelakombo ini mengatakan, tradisi yang sudah berlangsung setiap tahun dan turun temurun ini sebagai bentuk rasa syukur dan agar diberi keselamatan. Tak hanya itu, pada saat menjalankan ibadah puasa mendatang mereka berharap agar bisa lebih khusyuk.

Salah seorang warga mengatakan tujuan tradisi ini untuk mendoakan arwah leluhur dan sudah dilakukan secara turun temurun tiap tahunnya. Selain itu, tujuannya agar saat menjalankan ibadah puasa lebih khusyuk.

Usai menggelar doa bersama ribuan warga langsung menyantap nasi tumpeng yang mereka bawa di area makam dan sekitarnya.

Warga pun terlihat menikmati nasi tumpeng yang disantapnya dalam tradisi tahunan menjelang bulan suci ramadan tersebut.(rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved