Headlines :
Home » » Kontes Sapi Jombang, Juara Terekstrim Dibandrol Rp 70 Juta

Kontes Sapi Jombang, Juara Terekstrim Dibandrol Rp 70 Juta

Written By Satu Jurnal on Kamis, 28 Agustus 2014 | 18.15

Jombang-(satujurnal.com)
Puluhan ekor sapi diikutkan dalam kontes sapi memperebutkan piala Bupati Jombang serta uang tunai jutaan rupiah, Kamis (28/08/2014). 

Kontes yang digelar setiap dua tahun sekali ini selain untuk memberi pengetahuan kepada peternak mengenai cara berternak yang baik dan benar juga menjadi ajang promosi sapi dari para peternak dan penghobi sapi.

Sebanyak sepuluh kelas dipertandingkan dalam kontes yang digelar di Alun-alun Kota Jombang tersebut. 

Namun yang paling menarik yakni kontes sapi kelas ekstrim. Sebab selain bobot sapi yang sedikitnya harus mencapai 1 ton, juga postur sapi di kelas ini cukup menarik. 

Meski yang ditonjolkan dalam penilaian kelas ekstrim ini hanya bobot sapi. Bobot sapi yang paling besar yang akan ditetapkan sebagai juara. Namun jika terjadi draw, nama kesehatan dan usia sapi yang akan dijadikan pertimbangan panitia. 

Seekor sapi dengan bobot 1, 1 ton milik peternak Kecamatan Peterongan memenangi kelas ekstrim ini setelah menyisihkan 19 ekor sapi lainnya.

Berbeda dengan kelas ekstrim, kontes kelas yang lain misalnya kelas potong calon kereman dan kelas potong induk penilaiannya cukup banyak, mulai dari bobot lingkar perut, lingkar pinggul, panjang, serta  kesehatan hingga usia yang diketahui dari jumlah gigi yang telah tanggal.  

Namun untuk kontes di Jombang ini, khusus sapi dari dalam daerah yang menjadi wakil dari setiap kecamatan. Sapi peserta kontes seluruhnya berasal dari bibit unggul seperti jenis Brahman ,Lemousin dan Simental.  

Antusiasme para peternak sapi dan penghobi sapi mengikuti kontes sapi, karena setelah menjadi juara dalam kontes ini, harga jual sapi akan melonjak naik. Dari yang semula seharga Rp 50 juta akan menjadi sekitar Rp 75 juta atau lebih, seperti sapi yang memenangi kontes sapi kelas ekstrim kali ini. Harganya kini dibandrol Rp 70 juta.  (rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved