Pacuan Kambing Etawa untuk Rangsang Peternak - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pacuan Kambing Etawa untuk Rangsang Peternak

Jombang-(satujurnal.com)
Jika Madura memiliki karapan sapi, lain halnya warga di kaki gunung Anjasmoro, Di Kampung Jawi Dusun Goncang. Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Jombang yang memiliki pacuan  kambing, seperti yang digelar Minggu (31/08/2014).

Namun bukannya kambing pacuan, melainkan kambing Etawa yang digunakan dalam tradisi tahunan tersebut. Joki kambing pun bukan hanya didominasi orang dewasa, anak anak pun turut menjadi  joki dalam karapan kambing tersebut.

Seperti Candra, bocah kelas satu MTs ini sudah mengikuti karapan kambing pada tahun lalu dan menjadi juara, 

karena sudah berpengalaman, sekali cambuk kambing pun berlari hingga garis finish dan kembali menang.

tak ada rahasia khusus namun Candra seringkali berlatih dengan kambing miliknya hingga  memudahkannya untuk mengendalikan.
Karena bukan kambing pacuan, sang joki dibuat kewalahan karena kambing Etawa seringkali berbelok arah bahkan keluar lintasan menabrak kerumunan penonton.

Menurut panitia, karapan kambing Etawa ini bertujuan untuk memotivasi peternak karena sebagian besar warga adalah peternak kambing Etawa.  Selain itu juga untuk mengembangkan lokasi wisata untuk menarik wisatawan.

Jika dilihat memang sangat mudah namun para joki dibuat kewalahan karena kambing etawa tersebut bukan kambing pacuan sehingga seringkali berbelok arah bahkan keluar lintasan menabrak kerumunan penonton.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional