Headlines :
Home » » Pemuda Desa Gelar Upacara Hari Kemerdekaan di Tengah Sungai

Pemuda Desa Gelar Upacara Hari Kemerdekaan di Tengah Sungai

Written By Satu Jurnal on Minggu, 17 Agustus 2014 | 13.01

Jombang-(satujurnal.com)
Ada yang unik dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 69 di Jombang. Sejumlah pemuda Dusun Banjarsari, Desa Bareng, Kecamatan Bareng , Kabupaten Jombang menggelar upacara memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia tersebut di tengah sungai desa setempat, Minggu (17/08/2014).

Pemilihan lokasi dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi melestarikan ekosistem sungai desa mereka. Para pemuda ini melepas ikan sebagai bentuk kecintaan lingkungan.  

Tak selesai disitu saja, mereka pun menyisir ke setiap rumah warga untuk mengganti bendera merah putih yang sudah usang milik warga miskin dengan bendera merah putih yang baru.

Meski sederhana, namun prosesi upacara yang digelar tepat saat detik-detik proklamasi dikumandangkan itu berlangsung khidmat. Usai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta, sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, satu persatu para pemuda desa ini mencium sang saka merah putih.

Menurut salah seorang tokoh pemuda desa setempat, upacara tersebut digelar sebagai wujud nasionalisme. Sedangkan sebagai simbol kemerdekaan dan kecintaan ibu pertiwi, yakni dengan menjaga dan melestarikan lingkungan. (rg) 




Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved