Headlines :
Home » » Rekruitmen Capra IPDN, Tidak Ada Kuota Daerah

Rekruitmen Capra IPDN, Tidak Ada Kuota Daerah

Written By Satu Jurnal on Sabtu, 23 Agustus 2014 | 13.54

Kepala BKD Kota Mojokerto, Endri Agus Subianto
Mojokerto-(satujurnal.com)
Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto membuka pendaftaran calon praja (capra) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2014,  mulai hari ini hingga 29 Agustus mendatang. 

"Pendaftaran capra IPDN terbuka untuk semua lulusan SMA dan MA di Mojokerto, dengan sejumlah syarat yang ditetapkan," kata Kepala BKD Kota Mojokerto, Endri Agus Subianto, Sabtu (23/08/2014).

Berbeda dengan rekruitmen CPNS, kata Agus, tidak ada jatah atau kuota tiap daerah. “Yang terpenting, peserta  memenuhi syarat administrasi dan lulus pada setiap tahapan tes,” tandas dia. 

Pihaknya menetapkan tempat pendaftaran di Gedung Diklat Kota Mojokerto, jalan Raya By Pass Sekar Putih. “Pendaftaran akan dibuka mulai 23 sampai 29 Agustus 2014. Pendaftaran, mulai pukul 8:00 WIB sampai dengan pukul 15:00 WIB. Tapi untuk hari Sabtu , pendaftaran sampai pukul 12:00 WIB,” imbuhnya. 

Agus mengatakan syarat-syarat yang ditetapkan dalam rekruitmen capra IPDN yang  pertama, berijasah SMA dan MA mulai tahun 2012, 2013 dan 2014.

Menurut dia selain peryaratan tahun kelulusan, yang harus dipenuhi oleh para capra, yakni nilai rata-rata minimal mereka harus 7,00 tidak boleh dibawah itu.

"Tinggi badan juga menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Untuk laki-laki minimal 160 cm dan perempuan 155, serta tak boleh punya bekas tato atau tindik," tandas Agus.

Syarat lainnya, capra tidak boleh menggunakan lensa kontak  serta keterangan berbadan sehat dari rumah sakit.

Pintu pertama untuk menerobos capra IPDN, menurut Agus, harus lulus dalam seleksi administrasi dan kelengkapan berkas yang dilakukan pihaknya. Sedang untuk meraih tiket praja IPDN, pendaftar harus mampu menembus sejumlah tes, diantaranya tes psikologi, tes kesehatan, test  kompetensi dasar dengan sistem computer asisted test (CAT).  

“Kalau lulus seleksi administrasi, capra lanjut ke tahapan tes selanjutnya yang dilakukan di BKD propinsi, kecuali wawancara penentuan akhir atau pantukhir  yang dilakukan di kampus IPDN,” katanya.  

Yang pasti, dalam rekruitmen capra IPDN ini menerapkan sistem gugur. 

“Para peserta yang tidak lulus tes sebelumnya tidak diperkenankan ikut tes tahapan selanjutnya,” tukas Agus. (one)

Share this article :

1 komentar:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    BalasHapus

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved