Headlines :
Home » » Belum Rombak Manajemen, Tim Penyehatan PDAM Pilih Cermati Penyertaan Modal

Belum Rombak Manajemen, Tim Penyehatan PDAM Pilih Cermati Penyertaan Modal

Written By Satu Jurnal on Selasa, 02 September 2014 | 17.32

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemkot Mojokerto kian inten menata kinerja PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto. Selain agar kebocoran perusahaan akibat kebobrokan manajemen tereduksi, juga perusahaan plat merah milik Pemkot Mojokerto yang didirikan sejak 1992 dengan penyertaan modal terakumulasi hingga Rp 34 miliar itu
menjadi sehat.

Namun fokus Pemkot saat ini pada penyertaan modal, belum menyentuh restrukturisasi manajemen, seperti amanat Perda BUMD.

"Saat ini tim penyehatan (PDAM Maja Tirta) fokus pada penyertaan modal. PDAM harus mengikuti skema pemanfatan penyertaan modal, jangan sampai meleset," ujar Ketua Tim Penyehatan PDAM Maja Tirta, Sumarmi Astuti, Selasa (02/09/2014).

Fokus pada penyertaan modal sebelum retruktrurisasi manajemen bagi tim bentukan era Walikota Abdul Gani ini didasarkan sejumlah masukan dan fakta yang didapat, termasuk review BPKP Jawa Timur atas kerugian daerah yang diekspos beberapa waktu silam.

"Banyak masukan dan fakta di lapangan, termasuk keluhan pelanggan yang memberi rapor merah pada PDAM," kata Mamik, sapaan Kabag Perekonomian Sekkota Mojokerto tersebut.

Hal yang dicermati tim penyehatan, yakni hutang kepada pihak ketiga. "Hutang pihak ketiga disebutkan manajemen mencapai Rp 1, 6 miliar. Angka ini yang akan harus diselesaikan," tandasnya.

Setelah urusan penyertaan modal tertata, ujar Mamik, tim penyehatan fokus soal manajemen.
Benah-benah manajemen dengan pola retrukturisasi untuk revitalisasi perusahaan yang terus mengalami penyusutan pelanggan ini menurut Mamik, butuh waktu panjang. "Untuk tahun ini kita konsentrasi pada renbis atau rencana bisnis dengan proyeksi lima tahun," ungkapnya. (one)

Yang pasti, tim penyehatan akan memformulasikan PDAM dari kondisi sakit menjadi sehat. "Ada muatan teknis dan non teknis yang akan jadi fokus garapan tim penyehatan," pungkasnya. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved