Headlines :
Home » » Kekeringan Meluas di 18 Desa, BPBD Jombang Droping Air

Kekeringan Meluas di 18 Desa, BPBD Jombang Droping Air

Written By Satu Jurnal on Kamis, 11 September 2014 | 11.04

Jombang-(satujurnal.com)
Krisis air bersih yang melanda sebagian kawasan di Kabupaten Jombang terus meluas. Sedikitnya 18 desa di 7 kecamatan yang dinyatakan berpotensi mengalami kekeringan. Sementara pemerintah setempat tidak bisa berbuat apa-apa kecuali melakukan droping air.
  
Meluasnya wilayah yang dilanda kekeringan di jombang ini terjadi di kawasan lereng perbukitan, tepatnya di kawasan lereng Gunung Anjasmoro dan kawasan utara Brantas yang memliki geografis  tandus.

Meluasnya kekeringan ini, mencapai 29 titik yang tersebar di 18 desa di 7 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Jombang.

Akibatnya, saat pemerintah setempat  melakukan distribusi air bersih, beberapa warga tampak langsung berjubel dan mengantre, Selain membawa jirigen, para warga yang mengantre juga membawa bak besar untuk digunakan sebagai kebutuhan memasak.

Sementara dalam distribusi ini pemerintah tidak menjatah air bersih untuk kebutuhan mandi sehari-hari, Pemkab Jombang hanya menyarankan agar warga tetap mencari sumber mata air lain yang masih bisa dipakai.

Menurut Nur Huda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, tercatat 8 titik kawasan hari ini di berikan air bersih, namun seluruhnya hanya di jatah 30 liter untuk satu kepala keluarga. Sementara karena keterbatasan armada air akan di distribusikan ulang dua kali dalam satu minggu.(rg)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved