Headlines :
Home » » Unik, Penanggalan Jawa Tentukan Harga Hewan

Unik, Penanggalan Jawa Tentukan Harga Hewan

Written By Satu Jurnal on Rabu, 24 September 2014 | 18.23

Jombang(satujurnal.com)Jelang hari raya Idul Adha harga hewan kurban di pasar hewan Jombang, fluktuatif.
Uniknya lagi, naik dan turunnya harga hewan ternak seperti sapi dan kambing ditentukan penanggalan Jawa atau weton.

Untuk weton Rebo (Rabu) Legi seperti hari ini, harga hewan ternak untuk kurban cenderung turun hingga 20 persen. Tentu saja yang paling diuntungkan adalah pembeli.

Seperti yang tampak di pasar hewan Kecamatan Ngoro, Jombang. Terjadi transaksi ratusan hewan ternak, kambing dan sapi dari berbagai daerah, seperti Pare, Kediri hingga Lamongan menghadapi Idul Adha mendatang.

Meski harga hewan cenderung menurun lantaran penanggalan Jawa ini, rupanya tak mempermudah calon pembeli. Mereka harus pandai-pandai menyesuaikan kantong dengan sapi yang diincar.

Sementara itu menurut para pedagang, harga sapi menjelang idul adha mendatang mengalami penurunan hingga 20 persen.  penurunan harga disebabkan musim panen hewan ternak hingga stok berlimpah.

“Yang ingin berburu hewan Qurban sebaiknya perlu mempertimbangkan penanggalan Jawa atau weton. Dikarenakan harga hewan ternak bisa mengalami penurunan atau bahkan naik yang tentu saja baik pembeli maupun pedagang bisa sama sama diuntungkan,” kata seorang pedagang hewan.(rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved