Headlines :
Home » » 'Wachid Sang Malaikat Cinta', Penyebar Isu Penculikan Anak Dibekuk Polisi

'Wachid Sang Malaikat Cinta', Penyebar Isu Penculikan Anak Dibekuk Polisi

Written By Satu Jurnal on Minggu, 28 September 2014 | 12.29

Jombang-(satujurnal.com)
M. Abdurrahman Wachid alias Wachid (20), warga Desa Plandi, Kecamatan Jombang Kota yang ditangkap Sat Reskrim Polres Jombang lantaran menyebarkan isu penculikan anak melalui jejaring sosial Facebook (FB). Jumat (26/09/2014) malam dijerat pasal 28 ayat (1) Junto pasal 45 ayat (1), UU RI No 11 tahun 2008 tentang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Pelaku telah menyebarkan berita bohong dan menyesatkan. Dia dijarat UU ITE dengan ancaman enam tahun penjara.

Akibat penyebaran isu di jejaring sosial yang diunggahnya 23 September 2014 lalu, masyarakat menjadi resah apalagi yang memiliki anak yang masih kecil.

“Pelaku diamankan anggota sekitar pukul 20.00 WIB di sekitar Taman Kebon Rojo Jombang,” kata Kasubbag Humas Polres Jombang, AKP Lely Bahtiar, SH.

Penangkapan pelaku yang pernah bekerja sebagai sales di dealer motor Jombang ini berawal dari maraknya isu tentang penculikan yang disertai pembunuhan anak yang beredar luas di masyarakat. 

Saat dilakukan penyelidikan, ternyata kabar tersebut juga diunggah oleh pelaku melalui akun FBnya “" Wachid Sang Malaikat Cinta ". Untuk lebih meyakinkan, pelaku mengaku kalau dirinya adalah wartawan JTV dan kabar itu diperoleh dari Polres Jombang.

"Pelaku menyebarkan berita bohong lewat media sosial dengan mengaku sebagai wartawan JTV yang bertugas di Jombang," lanjut Lely.

Dari keresahan yang timbul, petugas langsung lakukan penelusuran akun FB pelaku.  Apalagi, dalam akunnya, pelaku mengunggah kabar penculikan pada 23 September 2014. Isinya, di Dusun Petengan, Desa Tambakberas ditemukan mayat balita tanpa kepala.

Ditelusuri melalui Akun FB akhirnya petugas mendapatkan identitas Pelaku dan keberadaannya.
"Pelaku sangat meyakinkan berita penculikan dan penggalan kepala itu benar terjadi, karena dia mengaku wartawan dan sedang melakukan investigasi untuk memburu pelaku penculikan. Dia kemudian meminta masyarakat untuk berhati-hati. 

Akhirnya, petugas berhasil meringkus pelaku ketika diketahui melintas di kawasan Taman Kebon Rojo, Jombang. (rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved