Headlines :
Home » » Polres Mojokerto Pasok 35 Ribu Liter Air Bersih di Tiga Desa

Polres Mojokerto Pasok 35 Ribu Liter Air Bersih di Tiga Desa

Written By Satu Jurnal on Kamis, 23 Oktober 2014 | 19.05



Mojokerto-(satujurnal.com)
Polres Mojokerto mendistribusikan air bersih sebanyak tujuh tangki setara 35 ribu liter ke tiga desa di wilayah Kecamatan Ngoro.

Ketiga desa yang dipasok air bersih, yakni Desa Manduro, Desa Kunjoro Wesi dan Desa Wates. Distribusi air bersih di tiga desa yang berada di dataran tinggi dibawah pegunungan Penanggungan dilakukan lantaran mulai terjadi kelangkaan air bersih di tiga desa yang dihuni sekitar 3.000 KK ini .
Bintoro, Kepala Dusun Mangun Gajah, Desa Manduro mengatakan, sumber air bersih dari puncak gunung Penanggungan yang selama ini jadi andalan warga tak mengucur lagi. Sejak enam  bulan lalu, kucuran air dari pegunungan itu terus mengecil. Akibatnya, tandon air milik warga pun kosong tak terisi.

“Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa meminta pabrik yang terdekat dengan desa mereka mensuplai air. Namun air yang dipasok pabrik sangat terbatas. Setiap KK dijatah tiga jurigen setiap harinya. Pasokan air ini tak sepadan dengan kebutuhan setiap KK. Air yang didapat hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan minum dan masak saja, untuk kebutuhan lainnya belum tercukupi,” tutur Bintoro.  

Warga, ujar Bintoro, hanya mampu bertahan dengan kondisi itu. Sayangnya, upaya warga untuk meminta bantuan pemerintah daerah setempat melalui perangkat desa tak membuahkan hasil. “Sudah sejak enam bulan lalu warga minta bantuan air bersih ke Pemkab Mojokerto, tapi sampai sekarang tidak ada realisasi sama sekali,” sesal dia.

Menurut Bintoro, bantuan air bersih dari Polres Mojokerto merupakan yang pertama kali diterima warga. “Mewakili warga saya ucapkan terima kasih atas prakarsa Polres Mojokerto mendistribusikan air bersih yang selama ini jadi harapan warga,” ucapnya.  

Sementara itu Kapolsek Ngoro, Kompol Iskak mengatakan, soal pasokan air bersih Polres Mojokerto akan terus melakukan koordinasi dengan warga. Jika warga masih membutuhkan,  pihak polres akan siap membantu mengirim air bersih. “Prinsipnya kita siap mendistribusikan air bersih untuk warga,” ujar Iskak seraya menyebut pengiriman pertama air bersih sebanyak 35 ribu liter yang dibawa tujuh armada truk tangki. (wie)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved