copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Tak Terpengaruh Paceklik, Bulog Jamin Stok Beras Aman



Jombang-(satujurnal.com)
Kendati saat ini tengah musim paceklik, namun Bulog Sub Divre Surabaya Selatan memberi garansi jika stok beras aman setidaknya hingga enambelas bulan kedepan.

Tingkat keamanan stok beras tersebut, diutarakan Wakil Kepala Bulog, Muhamad Wawan Hidayanto, “saat ini stok beras yang tersedia sekitar 41 ribu ton. Jumlah tersebut mencukupi untuk kebutuhan beras masyarakat di tiga wilayah sub divre Surabaya Selatan, yakni Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang sehingga kelonjakan harga kebutuhan pangan bisa sedikit ditekan,” katanya, Kamis (23/10/2014). 

Jadi, lanjut dia, untuk di Surabaya Selatan sendiri yang membawahi wilayah Kota dan Kabupaten Mojokerto serta Kabupaten Jombang itu kita mengelola sekarang sekitar 41 ribu ton. Itu masih cukup untuk penyaluran 16 bulan kedepan. Stok ini hasil dari penyerapan beras dan gabah petani sampai dengan sekarang itu kita sudah mencapai 73 irbu ton kemudian ada penyaluran dan yang kita kelola sekarang stoknya sebesar 41 ribu ton itu.”kata Wawan.
 
Namun demikian, penyerapan gabah atau beras yang dilakukan Bulog menurun drastis jika dibandingkan dengan musim panen, yakni hingga 60 persen dari biasanya. Saat musim panen, Bulog mampu menyerap gabah maupun beras petani hingga 300 ribu ton per hari. Sedangkan saat paceklik hanya dibawah 100 ribu per hari.
 
Menurut Wawan, selain karena musim tanam dan panen padi masih sekitar 5 bulan lagi, harga pembelian pemerintah (HPP) yang dipatok sangat rendah sehingga petani enggan menjual hasil panen mereka kepada Bulog.
 
HPP beras yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp. 6.600 per kilogram, sementara dipasaran harga beras cukup mahal yakni pada kisaran Rp. 7.000 hingga Rp. 8.000 per kilogram.

Kondisi itu membuat Bulog harus bekerja ekstra keras untuk memenuhi target penyerapan gabah saat musim paceklik tahun ini. (tar)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca Tak Terpengaruh Paceklik, Bulog Jamin Stok Beras Aman . Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Tak Terpengaruh Paceklik, Bulog Jamin Stok Beras Aman "

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top