TNI Unjuk Alutista di Dermaga Ujung - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

TNI Unjuk Alutista di Dermaga Ujung

ENAM pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara membuka rangkaian upacara HUT ke-69 Tentara Nasional Indonesia di Pangkalan Komando Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/10/2014) pagi. Pesawat itu merupakan salah satu alat utama sistem pertahanan terbaru yang dimiliki TNI AU.

Enam pesawat yang terdiri atas lima pesawat F-16 Fighting Falcon dan sebuah Sukhoi Su-27 itu melakukan akrobatik di atas selat Madura dan memukau ribuan masyarakat Surabaya dan para undangan yang sejak pagi sudah memadati sepanjang pinggiran dermaga ujung maupun dermaga penyebrangan Surabaya - Madura.

Tampak sebuah helikopter milik TNI AL sedang menurunkan pasukannya untuk membebaskan sandra diatas kapal. Sementara  foto yang lain aksi dua pesawat yang menegangkan seakan bertabrakan diudara membuat penonton bertepuk tangan.  

Dalam perayaan HUT ke-69 TNI kali ini, ada 205 pesawat terbang beragam jenis yang akan ikut defile. Selain Sukhoi Su-27/30, ada pula Flanker, F5 Tiger, F-16 Fighting Falcon, Hawk 109/209, Emb 314 Super Tucano, C130 Tanker, Helicopter Apache, dan Boeing 737. Selain pesawat, ada juga tank Leopard dan Marder, panser Tarantula, tank Scorpio, meriam 155 Mm Caesar milik TNI AD juga diturunkan pada acara ini. Akibat banyaknya kapal - kapal perang jenis KRI, LVT-7, BVP-2, BMP 3F1 dan RM70 Grad milik TNI AL yang melintas didepan penonton mengakibatkan .Gelombang air laut  besar hingga menyemprot ke deretan pengunjung yang berdiri dipinggiran  dermaga. (foto-toto :Rahmad Basuki/SatuJurnal) 


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional