Headlines :
Home » » Tragis, Satu Keluarga di Dawar Blandong Cacat Mental dan Fisik

Tragis, Satu Keluarga di Dawar Blandong Cacat Mental dan Fisik

Written By Satu Jurnal on Selasa, 28 Oktober 2014 | 04.20


Keluarga Tiris

Mojokerto-(satujurnal.com)
Keluarga Tiris, satu keluarga di Desa Temon, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto mengalami keterbelakangan mental. 

Tiris, laki-laki berusia 74 tahun harus menanggung beban hidup yang begitu berat. 

Istrinya mengalami kebutaan, sedang tiga anaknya, yang sudah dewasa tak satu pun yang menikah. Keluarga yang berada di bawah garis kemiskinan yang berteduh di gubuk reyot tak layak huni ini bertahan hidup sebagai buruh tani dan pencari kayu di hutan.

Kemiskinan dan mahalnya biaya pengobatan menyebabkan Tiris hanya berangan-angan untuk membawa berobat Sampi, istrinya yang kini berusia 70 tahun dan ketiga anaknya, Sunardi, 43 tahun, Suwarto, 40 tahun dan Parini, 25 tahun.

Ketiga anak Tiris yang terlahir dengan keterbelakangan mental itu tak satu pun yang menikah. Keseharian tiga anak Tiris yang buta aksara ini banyak dihabiskan di dalam rumah yang berdinding bambu tanpa ada kamar serta tempat tidur yang layak.

Parini, anak bungsu, lebih banyak menghabiskan waktu untuk menemani ibunya yang mengalami kebutaan sejak dua tahun lalu.

Pun Sunardi dan Suwarto tak banyak beraktivitas. Perasaan minder mengalahkan keinginan keluarga ini berinteraksi layaknya warga lainnya.

Yang memilukan, keluarga yang kurang memiliki keberuntungan secara fisik maupun mental, secara ekonomi maupun sosial ini masih jauh dari sentuhan pemerintah daerah setempat.

Kepala Desa Temu Ireng, Drajat mengatakan, keluarga Tiris memang terlahir dengan cacat mental. “Ketiga anak Pak Tiris lahir dengan keterbelakangan mental,” ujarnya, Senin (27/10/2014).

Dengan penghasilan sangat minim dari kemampuannya sebagai buruh tani dan pencari kayu mereka bersandar hidup. “Kami berharap ada bantuan khusus dari pemerintah untuk meringankan beban hidup keluarga ini (Tiris),” ucap Drajat. (wie)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved