Dishubkominfo Pasang Tarif Kenaikan Angkot Rp 350 - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Dishubkominfo Pasang Tarif Kenaikan Angkot Rp 350

Mojokerto-(satujurnal.com)
Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mojokerto memasang angka kenaikan tarif angkot dampak kenaikan BBM sebesar Rp350.

Angka itu didapat dari kalkulasi harga baru BBM, jarak tempuh dan frekuensi tiap angkot.

Namun angka kenaikan itu hanya untuk dua lyn yang beroperasi di wilayah Kota Mojokerto, yakni lyn A dan lyn B. lyn A yang menempuh jarak sekali jalan sepanjang 4,5 KM dan lyn B sepanjang 5 KM.

"Angka kenaikan tarif angkot Rp 350 yang kita tawarkan ke Organda untuk lyn A dan lyn B saja," kata
Kepala Dishubkominfo Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo, Rabu (19/11/2014).

Model penghitungan yang dilakukan pihaknya yakni dengan mengkalkulasi data produksi rata-rata tiap kendaraan. Rata-rata frekuensi perjalan per hari yakni sebanyak lima kali perjalanan dengan rata-rata jarak tempuh 4,5 sampai 5 KM. Rata-rata pemakaian BBM yakni satu liter per tujuh kilometer dengan rata-rata penumpang sekali jam per kendaraan sebanyak enam orang.

Rata-rata jumlah penumpang per jam per kendaraan dikali lima kali perjalanan sebesar 30 orang.

"Kenaikan pemakaian BBM per hari yakni Rp 2 ribu kali 5,21 sama dengan Rp10.420 hari per kendaraan sehingga dampak kenaikan harga BBM per penumpang Rp10.420 dibagi 30 yakni Rp347 sehingga dibulatkan menjadi Rp350. Angka ini yang besok akan kita tawarkan ke Organda dan perwakilan sopir lyn A dan B. Mungkin mereka tidak menerima dan mengajukan penawaran," katanya.

Menurutnya, kenaikan tarif yang diberlakukan para sopir lyn di Kota Mojokerto secara sepihak dinilai wajar. Pasalnya, harga premium sudah naik namun belum ada tarif baru yang ditetapkan Pemkot Mojokerto. Mengacu pada Perwali Mojokerto, tarif lyn di Kota Mojokerto sebelum kenaikan harga BBM sebesar Rp3 ribu.(wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional