Headlines :
Home » » Ribuan Buruh Jombang Tuntut Kenaikan UMK

Ribuan Buruh Jombang Tuntut Kenaikan UMK

Written By Satu Jurnal on Rabu, 05 November 2014 | 14.34

Jombang-(satujurnal.com)
Lebih dari seribuan buruh dari beberapa serikat pekerja di Jombang.mendatangi kantor Pemkab setempat. Menuntut kenaikan upah minimun kabupaten (UMK) sesuai hitungan kebutuhan hidup layak, diatas usulan UMK yang diajukan ke Gubernur Jatim.

Dalam aksinya para buruh sempat memblokir jalan utama tengah Kota Jombang.

Mereka mengawali aksi dengan longmarch menyusuri jalan protokol, ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja di Jombang ini langsung mendatangi kantor pemkab setempat di jalan Wahid Hasyim.

Dengan membawa spanduk berisi tuntutan kenaikan UMK 2015 sebesar Rp 2.180.000 para buruh meminta Bupati Jombang Nyono Suharlie mengakomodir aspirasi mereka. Jika tidak, bupati diminta segera turun dari jabatannya.

Dalam orasi, para buruh menganggap kebijakan Bupati Jombang yang mengusulkan UMK sebesar Rp 1. 546.000, justru akan memiskinkan para buruh.

Menurut buruh jika usulan Pemkab tersebut tidak segera dicabut, sama halnya kenaikan UMK tahun 2014 ke tahun 2015 hanya sebesar Rp 46 ribu.

Padahal sesuai hitungan buruh, kebutuhan hidup dalam satu tahun kedepan akan bertambah besar. Belum lagi rencana pemerintah menaikkan harga BBM sebesar Rp 3 ribu per liter.

Puas berorasi para buruh kemudian memilih bertahan di depan kantor Pemkab Jombang.

Dengan pengawalan ketat polisi para buruh mengancam akan menggelar sweeping besar-besaran di sejumlah pabrik jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.(rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved