Headlines :
Home » » Amputh Demo Hari Anti Korupsi, Kirimi KPK Bendel Data Kasus Korupsi

Amputh Demo Hari Anti Korupsi, Kirimi KPK Bendel Data Kasus Korupsi

Written By Satu Jurnal on Selasa, 09 Desember 2014 | 19.20

Jombang-(satujurnal.com)
Momen Hari Anti Korupsi Sedunia hari ini dimanfaatkan massa yang tergabung dalam  Aliansi Masyarakat Peduli Transparansi Hukum (Amputh) turun demo ke jalan. 

Amputh yang digawangi berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa ini ngluruk kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, menagih penanganan kasus korupsi yang masih jalan ditempat, diantaranya kasus Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Jombang sebesar Rp 450 milyar.

Selain berdemo, mereka juga mengirimkan satu bendel buku kumpulan data kasus-kasus korupsi di Jombang yang belum terselesaikan berupa buku ke Komisi Pemberantasan Korupsi (K-P-K) melalui kator pos setempat.

Aparat kepolisian melakukan penjagaan ketat terhadap aksi massa yang terkonsentrasi di kantor adhiyaksa tersebut. Massa Amputh memilih Kejari Jombang sebagai sasaran demo, lataran sebagai lembaga penegak hukum, korp adhyasa dituntut lebih giat mengungkap dan menuntaskan kasus-kasus korupsi yang banyak merugikan keuangan negara dan kepentingan publik. 

Kendati begitu, mereka mengakui jika kinerja Kejari Jombang cukup bagus masuk rangking lima besar se-Indonesia dalam pengungkapan kasus-kasus korupsi. “Tapi dalam kasus tertentu seolah berjalan di tempat, meskipun penyidikan kasus sudah berjalan selama tiga tahun terakhir. Untuk itu Amputh meminta KPK segera mengambil alih penanganan kasus yang mandeg di Kejari maupun Polda Jatim tersebut,”  cetus salah satu pendemo. 

Usai berorasi di kantor Kejari, rombongan pendemo menuju kantor pos setempat, untuk mengirimkan satu bendel buku berkas data kasus-kasus korupsi yang berpotensi merugikan negara dan kepentingan publik ke kantor KPK di Jakarta.

Aksi Amputh ini sempat memacetkan jalan utama, jalan KH Wahid Hasyim. (rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved