Headlines :
Home » » Awas, Jajanan Berformalin Masih Beredar di Sekolah

Awas, Jajanan Berformalin Masih Beredar di Sekolah

Written By Satu Jurnal on Selasa, 02 Desember 2014 | 22.23

Mojokerto-(satujurnal.com)
jajanan anak yang mengandung borak dan formalin ternyata masih beredar di sekolah-sekolah.

Hasil uji sampel Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya di 9 sekolah dasar di wilayah Kota Mojokerto menyebutkan, beberapa jenis jajanan anak di semua sekolah yang diujisampel itu mengandung boraks, formalin hingga rhodamin B.

Jajanan yang diambil sampelnya itu bervariasi, diantaranya tempe menjes, kerupuk rambak, pentol bakso, batagor dan terang bulan.

Yang memprihatinkan, jajanan membahayakan itu juga ditemukan di kantin sekolah.

''Petugas BPOM turun dan langsung mengambil sampel jajanan siswa,'' terang Indro Tjahjono, Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Kota Mojokerto, Selasa (2/12/2014).

Termaktub dalam Rilis BPOM Jatim, jajanan di sejumlah sekolah dasa di kota Mojokerto masih jauh dari higienis. Sehingga sangat membahayakan kesehatan siswa dalam jangka panjang.

Sejumlah pedagang kaki lima yang berjualan di depan sekolah dasar juga terdeteksi menambahkan bahan tambahan makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan.

Hasil BPOM Surabaya yang cukup mengejutkan ini, ujar Indro, bakal ditindaklanjuti lintas leading sector, Diskoperindag dan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K).

''Kita akan memberikan pembinaan kepada pedagangnya,'' tandasnya.

Sedangkan, Dinkes akan menyelidiki dan memberikan penyuluhan terhadap para siswa atas risiko makanan tersebut. ''Dengan Diknas, untuk memberikan imbauan ke sekolah untuk lebih selektif," tukas Indro. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved