Gamelan Iringi Ibadah Natal di GKJW Mojowarno  - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gamelan Iringi Ibadah Natal di GKJW Mojowarno 

Jombang-(satujurnal.com)
Halaman Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Mojowarno Jombang Kamis (25/12/2014) pagi tadi tak seperti biasanya. Gereja tertua di Jombang dan Jawa Timur ini memperingati perayaan Natal dengan suasana berbeda.

Jika lazimnya peringatan hari Natal dengan melantunkan lagu-lagu rohani menggunakan iringan musik modern, namun kali ini menampilkan tetabuhan musik kuno, yakni dengan iringan gamelan dan tembang Jawa.

Para ibu-ibu Jemaat GKJW Mojowarno ini menampilkan lagu-lagu puji-pujian dengan iringan musik gamelan khas tempo dulu, sehingga suasana perayaan Natal terasa seperti jaman dahulu kala saat kali pertama gereja ini berdiri pada tahun1843.

Selain untuk menghibur para jemaat, di luar dan dalam gereja helatan tetabuhan gamelan ini bertujuan agar tradisi gamelan tak punah tergerus jaman, sekaligus agar generasi muda GKJW bisa memahami makna tradisi yang kini sudah mulai jarang dimainkan.

Sementara itu jemaat GKJW Mojowarno memaknai natal tahun ini dengan semakin meningkatnya rasa persaudaraan sesama agama dan yang berbeda keyakinan, sehingga makin meningkatkan rasa iman pada tuhan Yesus Kristus.

Menurut pendeta wimbo perayaan natal tahun ini sebagai refleksi jiwa kasih yesus kepada umat, terutama kepada lingkup terkecil di keluarga masing-masing jemaat, dengan demikian nilai-nilai iman kebaikan antar sesama dan berbangsa semakin meningkat.

Usai melakukan baptis dan doa bersama seluruh jemaat dan pengurus gereja di masing-masing blok melakukan prosesi ucapan Natal di pintu masuk gereja.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional