Headlines :
Home » » Jadi Biang Banjir, Enceng Gondok Disapu Bersih

Jadi Biang Banjir, Enceng Gondok Disapu Bersih

Written By Satu Jurnal on Senin, 22 Desember 2014 | 18.58

Mojokerto-(satujurnal.com)
Kian meluasnya tumbuhan liar enceng gondok di aliran Sungai Sadar di wilayah Kota dan Kabupaten Mojokerto dikhawatirkan menjadi biang banjir. Enceng gondok di sepanjang aliran Sungai Sadar yang melintasi beberapa kelurahan dan desa ini kian menyumpat aliran air. Ketebalan tumbuhan ini sudah mencapai satu meter. 

Mengantisipasi hal ini  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto melakukan upaya sapu bersih enceng gondok di sungai yang melintas dua daerah bertetangga ini. 

BPBD bersama warga sekitar aliran Sungai Sadar, Senin (22/12/2014) melakukan melakukan kerja bakti membersihkan tumbuhan penyumbat arus air sungai tersebut. Enceng gondok yang melintas di Desa Gebang Malang dan Ploso Gede, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto terbilang paling tumbuh subur, bahkan tumbuh hingga hilir sungai. 

Kedua Desa ini kerap kali terkena imbas dari luapan Sungai Sadar. Bahkan banjir merupakan agenda tahunan di desa sepanjang Sungai Sadar ini.  Selain kondisi enceng gondok yang tebal, tak ada tanggul sungai. Bahkan permukaan sungai rata dengan jalan raya maupun dataran desa. 

 “Kami berharap pemerintah propinsi (Pemprov Jatim) maupun Jasa Tirta lebih memperhatikan kondisi Sungai Sadar. Karena sungai ini masuk dalam pengawasan propinsi.  Kalau kondisi sungai ini terus diabaikan, maka masyarakat akan terus merasakan banjir seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Tanto, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto. (wie)

Share this article :

1 komentar:

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved