Headlines :
Home » » Khawatir Terulang Longsor, Puluhan KK Dusun Kopen Minta Segera Direlokasi

Khawatir Terulang Longsor, Puluhan KK Dusun Kopen Minta Segera Direlokasi

Written By Satu Jurnal on Minggu, 14 Desember 2014 | 15.11

Jombang-(satujurnal.com)
Tragedi tanah longsor di tebing Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, yang merenggut 12 jiwa pada bulan Januari 2014 lalu masih menyisahkan trauma bagi warga setempat yang masih tinggal di dusun tersebut. Mereka, yang kini berjumlah 27 kepala keluarga (KK) meminta pemerintah daerah setempat mengevakuasi ke rumah baru. 

Permintaan itu tak lepas dari faktor cuaca. Mereka khawatir, di musim hujan saat ini tebing kembali longsor. Mereka tidak ingin tragedi sebelas bulan lalu itu terulang lagi. 

Namun, proyek rumah relokasi seluas 4 x 4 meter yang didanai pemerintah pusat dan Pemkab Jombang hingga kini belum terwujud. Padahal, warga sudah membeli tanah untuk rumah di lokasi relokasi antara Rp 12 juta hingga Rp 20 juta.

“Saya sudah membeli tanah di area relokasi. Tanah itu untuk pembangunan rumah bantuan. Tapi sampai sekarang pembangunannya masih tahap awal,” kata Sulistyoningsih, warga setempat, Minggu (14/12/2014). 
Sulisyoningsih dan warga Dusun Kopen gamang. Pasalnya, hampir setiap hari hujan turun di wilayah mereka. Apalagi saat hujan malam hari, warga mengaku tidak bisa tidur meskipun hujan tidak lebat.

Kekhawatiran mereka sangat beralasan. Karena kondisi tanah di atas tebing sudah banyak yang rusak. Jika hujan terus menerus, maka ancaman longsor pun tak terhindarkan. 

Sucipto, Kepala Dusun Kopen, mengatakan, terlambatnya pembangunan rumah relokasi untuk 27 kepala keluarga disebabkan terjadi tarik ulur antar warga dengan pemerintah daerah. Ini lantaran diantara warga ada ada yang tidak setuju ada pula yang segera ingin pindah.

Kabar terakhir yang mereka terima dari perangkat desa Ngrimbi, jika warga terelokasi sudah bisa menempati rumah barunya selambatnya akhir Desember tahun ini. (rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved