Headlines :
Home » , » Pantauan Siswa MTsN : Sungai Tambakberas Jombang Tercemar Berat

Pantauan Siswa MTsN : Sungai Tambakberas Jombang Tercemar Berat

Written By Satu Jurnal on Senin, 15 Desember 2014 | 18.24

Jombang-(satujurnal.com)
Pencemaran berat akibat sampah dan limbah industri terjadi di Sungai Tambak Beras, Jombang. Pencemaran air sungai itu merupakan hasil pantauan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tambakberas, Jombang tengah melakukan kegiatan penelitian di sungai yang berada di sekitar sekolah mereka tersebut, Senin (15/12/2014). 

Bersama guru pendamping, siswa sekolah berbasis agama Islam ini melakukan pemantauan terhadap biota sungai dan mengidentifikasi dengan rumus tertentu untuk mengetahui apakah kondisi air sungai masih bersih atau sudah tercemar.

Selain pemantauan biota sungai, mereka juga membersihkan sampah di tepi sungai. Mereka memungut setiap sampah agar sungai menjadi bersih. Usai membersihkan sampah para siswa diberi pengarahan dari pembimbing terkait teknik pencarian dan cara identifikasi sejumlah hewan avertebrata atau hewan yak bertulang belakang yang menghuni singai.

Dengan berbekal jaring sederhana para siswa bergantian mencari berbagai jenis hewan yang ada di sungai. Satu persatu jenis serangga mereka pisahkan sesuai jenis.

Serangga-serangga ini dipisahkan sesuai dengan kategori, yakni serangga yang paling rentan teradap pencemaran dan serangga yang kuat terhadap pencemaran.

Setelah semua serangga dikelompokkan, para siswa menghitung jumlah serangga yang rentan dan kuat pencemaran tersebut. 

Hasil pemantauan yang menyebutkan jika sungai Tambakberas ini tercemar berat karena banyak sampah dan limbah industri yang dibuang di sungai ini. 

Pihak sekolah sengaja melakukan kegiatan ini untuk mensosialisasikan terhadap warga sekitar agar peduli terhadap sungai Tambak Beras tersebut.(rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved