Headlines :
Home » » Pemkot Mojokerto Bangun Empat Tugu Senilai Rp 1, 5 Miliar

Pemkot Mojokerto Bangun Empat Tugu Senilai Rp 1, 5 Miliar

Written By Satu Jurnal on Kamis, 25 Desember 2014 | 19.22

foto ilustrasi (doc.istimewa)
Mojokerto-(satujurnal.com)
Empat tugu bakal dibangun di wilayah Kota Mojokerto. Anggaran Rp 1, 5 miliar dari pundi APBD 2015 di pos Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) disiapkan untuk empat tugu yang didesain bernuansa Mojopahit tersebut. 

Kepala DKP, Hartono melalui Kabag Humas Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono mengatakan, anggaran miliaran rupiah itu termasuk untuk biaya lomba desain. “Untuk desain tugu yang semuanya bernuansa Mojopahit rencananya dilombakan. Jadi masyarakat dilibatkan secara langsung,” katanya, Kamis (25/12/2014). 

Semakin banyak peserta lomba, kata Dodik, akan semakin banyak masukan. Ini juga yang diinginkan walikota. Mas’ud Yunus berkeinginan untuk membangun tugu dengan nuansa Majapahitan. 

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto, Abdullah Fanani mengatakan, pembangunan tugu itu merupakan salah satu upaya Pemkot mempercantik wajah Kota Mojokerto. “Sampai saat ini kan juga tidak ada tugu yang menjadi simbol kota,” ujarnya.

Satu-satunya tugu yang dimiliki Pemkot, yakni Tugu UKS di pintu masuk Perum Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon. 

Menurut Fanani, empat tugu dipancang di empat titik, yakni batas wilayah Kota dan Kabupaten Moojokerto di Jalan Majapahit-RA Basuni, Jalan Pahlawan-Jayanegara, pintu masuk Gajahmada, dan Jalan By Pass, tepatnya di depan pabrik textil Mermaid.

Pendirian tugu, ujar politisi senior PKB tersebut, juga merupakan titik awal Pemkot memanjakan masyarakat kota Mojokerto. ’’Jika selama ini terasa kering, paling tidak akan terasa lebih nyaman dipandang,’’ pungkasnya.

Pembangunan tugu juga bagian dari pola pembangunan terpadu yang diusung Walikota Mas’ud Yunus.  Diantaranya pembangunan jalan protokol jalan Gajahmada dan jalan Pahlawan. Hampir seluruh SKPD yang memiliki program pembangunan, ditujukan di sepanjang jalan itu. Mulai dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dishub Kominfo, serta dinas-dinas yang lain.

Unit-unit kerja ini akan membangun secara serentak mulai dari pembangunan trotoar, irigasi, dan perbaikan rambu-rambu lalu lintas. Semua bersinergi dan akan mempercantik kawasan itu.(one)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved