Headlines :
Home » , » Proyek Bedah Rumah Senilai Rp 108 Juta di Jombang Mangkrak

Proyek Bedah Rumah Senilai Rp 108 Juta di Jombang Mangkrak

Written By Satu Jurnal on Sabtu, 13 Desember 2014 | 14.49

Jombang-(satujurnal.com)
Program Kabupaten Jombang bebas rumah tidak layak huni patut dipertanyakan. Pasalnya, bantuan program bedah rumah Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera) di Jombang yang seharusnya tuntas tahun ini ternyata masih menyisahkan masalah. 

Hingga mendekati ujung tahun 2014, bantuan bedah rumah untuk 18 belas sasaran dengan nilai per rumah Rp 6 juta atau total Rp 108 juta Dusun Sudimoro, Desa Pangkulungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang macet. Belasan Rumah penerima sasaran dalam program yang berlangsung tahun 2013 lalu mangkrak. 

“Sebagai penerima sasaran, tahun lalu 2013 saya menandatangi penerimaan program bedah rumah uang sebesar di BRI (Bank Rakyat Indonesia) Cabang Jombang sebesar Rp 6 juta. Ya hanya tanda tangan saja, soal uangnya,” kata Sulikah, warga Dusun Sudimoro, Sabtu (13/12/2014). 

Namun, hingga saat ini, bantuan bedah rumah yang seharusnya untuk pembelian material itu tidak jelas. Di halaman rumah Sulikah menumpuk material tanpa ada penanganan rehab. 

Tak hanya Sulikah, di Dusun Sudimoro terdapat 18 kepala keluarga (KK) yang rumahnya mendapat bantuan bedah rumah. Nasib rumah mereka pun sama. Sebagian rumah mereka hanya ditumpuki material, seperti pasir dan batu bata. Sebagian lagi bedah rumah hanya digarap setengah jadi lalu ditelantarkan begitu saja. 

Mereka mengeluh, lantaran pihak desa terkesan pasif meski pun tahu pelaksana teknis tidak menjalankan kewajiban bedah rumah sesuai aturan dan mekanisme bedah rumah. 

Menurut warga, proyek bedah rumah dilakukan saat kepala desa yang lama. 
Warga menduga, pelaksana teknis atau rekanan pemerintah yang sudah mengantongi uang bedah rumah dengan total nilai Rp 108 juta lari dari tanggungjawab. 

Mereka hanya bisa berharap Pemkab Jombang segera turun tangan membereskan program bedah rumah tersebut. (rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved