Walikota Pastikan Bagi Motor Sampah Akhir Desember - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Walikota Pastikan Bagi Motor Sampah Akhir Desember


Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus memastikan akan membagikan  180 motor sampah hasil belanja modal Pemkot ke 180 RW selambatnya akhir Desember 2014.

Penyedia motor sampah senilai Rp 5,4 dari kantong APBD 2014 di pos Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sudah menyatakan kesanggupannya menyerahkan seluruh unit motor pertengahan bulan ini.

“Tanggal 19 Desember nanti penyedia motor sampah akan menyerahkan seluruh unit. Setelah itu baru dilakukan distribusi. Akhir tahun ini sudah bisa dioperasikan,” kata Mas’ud Yunus usai launching 180 Kader Berseri dan 35 Pembina Kader Berseri di GOR dan Seni Mojopahit, jalan Gajahmada, Kamis (04/12/2014).

Namun, unit motor itu tidak diberikan ke setiap RW, melainkan dipinjampakaikan. “Karena merupakan belanja modal daerah, motor sampah itu dipinjamkan ke RW. Setidaknya selama setahun. Baru kemudian RW bisa mengajukan permohonan hibah,” terangnya.

Karena masih menjadi aset daerah, lanjut Mas’ud Yunus, maka terkait perawatan motor sampah itu ditanggung Pemkot. “Tapi soal honor operator motor, apakah nantinya dipikul secara swadaya oleh warga atau juga jadi tanggungan Pemkot, masih kita bahas,” kilahnya.

Ditambahkan orang nomor satu di Kota Mojokerto tersebut, pengadaan motor sampah berkapasitas 8 meter kubik itu digulirkan agar persoalan sampah tereduksi. “Operator motor sampah akan menyapu sampah rumah tangga untuk di drop ke TPS atau langsung ke TPA. Yang penting, tidak ada sampah rumah tangga yang menumpuk,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pengadaan motor sampah ini melalui e-catalogue yang disediakan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) dengan e-purchasing, atau sistem pembelian barang yang sudah didaftarkan ke dalam e-catalogue. Lelang tetap dilaksanakan, namun yang melakukan adalah pihak LKPP.  

"Merk motornya Nozomi. Jenisnya Cargo. Harga penawaran penyedia barang, Rp 32,5 juta per unit dan terjadi harga final Rp 30 juta per unit. Saat ini menunggu penyerahannya, kemungkinan bulan depan (Desember)," ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto, Hartono. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional