Gus Ipul : Jatim Waspada DBD - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gus Ipul : Jatim Waspada DBD

Wagub Jawa Timur Syaifullah Yusuf
Jombang-(satujurnal.com)
Kasus demam berdarah dengue (DBD)  di Jawa Timur kurun bulan Januari 2015 dibanding tahun lalu meningkat tajam.

Sepanjang bulan Januari , muncul 400 kasus di sembilan daerah di Jawa Timur. Sementara untuk kasus DBD yang merenggut korban jiwa, Kabupaten Jombang tercatat paling banyak.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf mengutarakan hal itu usai menjenguk pasien DB bersama Bupati Jombang Nyono Suherli di RSU Jombang, Rabu (21/1/2015).

“Kasus DBD di Jatim awal tahun ini meningkat tajam. Pada musim penghujan ini ada 400 kasus demam beradah di 9 kabupaten diantaranya Pacitan, Trenggalek, Ngawi, Magetan, Jombang, Mojokerto, Tuban, Lumajang dan Bondowoso. “Semua kabupaten terdapat satu korban jiwa akibat DBD. Yang terbanyak Kabupaten jombang dengan 4 korban jiwa,” ungkapnya.

Untuk kasus DBD di Kabupaten Jombang, tercatat 114 kasus yang tersebar di sejumlah rumah sakit di Jombang.

“Saya menghimbau agar masyarakat memperhatikan lingkungan. Karena perkembangbiakan jetik nyamuk sangat cepat akibat hujan yang tidak stabil. Dan karena di Kabupaten Jombang terdapat korban jiwa dan paling banyak kasus DB, kita harapkan pemerintah daerah lebih proaktif memberantas jentik nyamuk DB dengan melibatkan msyarakat sebagai relawan pemberatasan sarang nyamuk,” cetus Gus Ipul, sapaan populer Syaifullah Yusuf. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional