copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Balada Mbah Minah, Janda Tua yang Tinggal Berimpitan dengan Kandang Kambing

Jombang-(satujurnal.com)
Potret kemiskinan di Jombang rupanya masih terpapar ditengah upaya pemerintah menggerojok berbagai bantuan. Mbah Minah, seorang janda sebatang kara terpaksa hidup menempel di samping kandang kambing milik tetangganya.

Perempuan lanjut usia (lansia) yang kini berusia 81 tahun ini menempati sebuah gubuk berukuran 3 x 3 meter tepat disamping rumah ternak tetangganya. Untuk menyambung hidup sehari-hari, Mbah Minah minah hanya mengandalkan berjualan botok daun singkong atau pohong.

Setiap hari, di rumah petak berdinding bambu tanpa sekat dengan dapur yang sempit inilah ia mengolah kudapan yang mampu ia olah. Setiap sore, botok daun singkong ia jajakan ke tetangganya.

Kendati hidup dalam kubangan kemiskinan, Mbah Minah tak mengenal kata lelah. Sikap itu pula yang acap membuat tetangganya ibah. Sesekali, ia mendapat kiriman makanan dari tetangganya. Itu pun jika terlihat Mbah Minah sakit hingga tak mampu berjualan.


Mbah Minah mengaku sudah bertahun tahun hidup dan tinggal di rumah petak yang dibangunkan tetangganya di sudut pekarangan belakang rumah.

Yuliani,  salah satu warga mengatakan, dulunya Mbah Minah ikut di rumahnya. Namun kini rumahnya ditempati anak dan menantuya, ia pun membuatkan rumah petak sederhana untuk Mbah Minah tepat di belakang rumahnya.

Para tetangga Mbah Minah berharap agar pemerintah menyentuh dan memperhatian rakyat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan, terutama mereka yang hidup dipedesaan. (rg)


Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca Balada Mbah Minah, Janda Tua yang Tinggal Berimpitan dengan Kandang Kambing. Silahkan Berbagi...!

2 Comment for "Balada Mbah Minah, Janda Tua yang Tinggal Berimpitan dengan Kandang Kambing"

kalo boleh tau ini alamat lengkapnya dimana ya kak

kalo boleh tau ini alamat lengkapnya dimana ya kak

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top