copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Harga Melejit, Beras Kualitas Super dan Medium ‘Menghilang’

Jombang-(satujurnal.com)
Harga beras di Kabupaten Jombang saat ini terus melambung. Dalam sepuluh hari terakhir kenaikan terus terjadi hingga mencapai Rp 2.000 perkilogram.

Harga beras premium kini Rp 11.000 perkilogram. Beras medium Rp 10.000 perkilogram. Dan harga beras standar bulog sudah menyentuh Rp 8.500 perkilogram.

Meski harga terus melambung, namun pedagang kesulitan mendapatkan beras. Ini lantaran pasokan beras tersendat. Beras kian langka. Kelangkaan beras terjadi di sejumlah pasar tradisional, termasuk di pasar Cukir, Kecamatan Diwek.

Stok bersa di sejumlah pedagang beras di pasar ini tidak tampak melimpah bahkan terlihat sangat terbatas. Sebab pasokan berkurang hingga 50 persen dibandingkan sebelumnya.

Harga beras di pasar ini untuk kualitas premium dari harga Rp 9.000 menjadi Rp 11.000 perkilogram. Untuk kualitas medium semula Rp 8.000 saat ini Rp 10.500 perkilogram. Sedang beras kualitas bulog, Rp 8.500 dari sebelumnya Rp 6.500.

Meski harga sudah naik, namun pedagang hanya memiliki stok untuk beras kualitas premium dan kualitas bulog. Sedangkan jelek sedangkan kualitas medium dan super sudah kosong.

Harga beras yang sudah diluar jangkauan ini menyebabkan pembeli membeli dalam jumlah terbatas atau berkurang dari biasanya.

Ahmad Hilmi, salah satu pedagang beras mengatakan, seretnya pasokan beras disebabkan berbagai hal, diantaranya karena terjadi banjir di sejumlah daerah serta belum adanya panen raya dari daerah pemasok utama beras.

Menurut pedagang maupun warga, jika kondisi ini tidak segera diatasi pemerintah pusat dan daerah dikhawatirkan kenaikan harga beras akan terus berlangsung dan menimbulkan keresahan masyarakat.


Sayangnya, meski kondisi ini mulai meresahkan masyarakat, namun pemerintah daerah setempat belum melakukan operasi pasar (OP). (rg)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: ekonomi

Terima Kasih Telah Membaca Harga Melejit, Beras Kualitas Super dan Medium ‘Menghilang’. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Harga Melejit, Beras Kualitas Super dan Medium ‘Menghilang’"

Back To Top