copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Imlek, Umat Kong Hu Cu Ziarah ke Makam Gus Dur

Jombang-(satujurnal.com)
Di tengah rangkaian perayaan tahun baru Imlek 2566, puluhan warga Tionghoa penganut Kong Hu Cu di Jombang menyempatkan berziarah ke makam KH Abdurahman Wachid di komplek makam Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Kamis (19/2/2015).

Mereka berdo’a di pusara Gus Dur, sapaan populer Presiden RI ke 4 setelah sebelumnya melakukan ritual di klenteng setempat.

“Merayakan Imlek tidak sempurna kalau tidak berziarah ke makam Gus Dur. Karena perjuangan Gus Dur lah kini warga etnis China leluasa untuk menjalankan ibadah dan mengekspresikan seni dan budaya di bumi Indonesia,” kata Edy Kusmayadi, pendeta keturunan China.

Gus Dur, lanjut Edy, dimata warga Tionghoa merupakan tokoh pluratis yang begitu memperhatikan hak-hak kelompok minoritas, seperti halnya warga keturunan Tionghoa.

“Gus Dur lah yang mencabut regulasi yang bersifat diskriminatif dan menetapkan agama Kong Hu Cu sebagai agama ke enam yang diakui negara Indonesia. Dalam kaitan inilah tabur bunga bagian dari refleksi dan penghormatan terhadap almarhum Gus Dur,” ujarnya.

Edy berharap di tahun 2566 ini bangsa Indonesia bisa hidup rukun dan damai meskipun berbeda suku dan agama.(rg)


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca Imlek, Umat Kong Hu Cu Ziarah ke Makam Gus Dur. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Imlek, Umat Kong Hu Cu Ziarah ke Makam Gus Dur"

Back To Top