GRATIS langganan via e-mail

Seni Batu Akik Fadeli-Fadelan, Dari Cincin Hingga Asesoris Bernilai Tinggi



Jombang-(satujurnal.com)
Seni batu akik atau agate stone kini menjadi aksesoris primadona. Di Kabupaten Jombang, peminat batu jenis ini bukan hanya didominasi kaum pria, tapi kaum wanita pun tertarik dengan daya magnet akik yang lebih menawarkan banyak motif tersebut.   

Ini lantaran batu akik yang merupakan seni mahakarya dari alam berupa fosil dan pembentukan mineral batuan juga dipercayai mampu memberikan keberuntungan bagi pemakainya.

Fadeli Ibrahim dan Fadelan Ibrahim, perajin batu akik di Kabupaten Jombang melihat batu akik tengah ‘naik kasta’. Karena kini batu akik banyak dijadikan sebagai asesoris dan koleksi oleh kaum hawa.

Warga Dusun Corogo, Desa Janti, Kecamatan Jogoroto ini pun terus berkreasi dengan aseosiris batu akik. Buah karya pun kini banyak diburu peminat batu akik. Tak pelak, Fadeli sering kuwalahan melayani pesanan pembuatan batu akik dari berbagai kota.

Dalam satu hari dia bersama saudara kembarnya Fadelan Ibrahim mampu membuat empat hingga enam batu akik pesanan. Salah satu produk Fadeli, yakni cincin batu akik yang bisa digunakan oleh siapa saja, baik kalangan muda maupun tua.Mulai dari tujuan sekedar sebagai aksesoris jari kalung bros hingga untuk meningkatkan aura diri.

Fadeli menyebut, batu akik hasil karya fadeli ini didapat dari berbagai daerah di Nusantara, diantara batu akik Bacan Doko Maluku, batu akik Garut, batu akik Sungai Dare Sulawesi, Black Oval Banten, Lavender Baturaja,  Bluemoon Risopas Badar Emas Papua,  Giok Aceh,  Red Borneo dan batu-batu lokal Jawa.

Faktor kerapihan membuat usaha pembuatan cincin dan pengolahan batu akik Fadeli mampu bertahan.

Soal harga, bervariasi tergantung dari kekerasan batu, warna serta relief dari urat atau garis batu akik. Juga tergantung dari kekerasan batu dan tingkat kesulitan membuat cincin (emban) dan pemolesan batu akik. Harga termurah dipatok Rp 500 ribu dan termahal hingga tembus Rp 7 juta. (rg)

Labels: serba-serbi

Thanks for reading Seni Batu Akik Fadeli-Fadelan, Dari Cincin Hingga Asesoris Bernilai Tinggi. Please share...!

0 Comment for "Seni Batu Akik Fadeli-Fadelan, Dari Cincin Hingga Asesoris Bernilai Tinggi"

Weather, 17 October
Surabaya Weather booked.net
+29

High: +30° Low: +27°

Humidity: 100%

Wind: S - 6 KPH

Jakarta Weather
+32

High: +32° Low: +28°

Humidity: 95%

Wind: E - 3 KPH

Mojokerto Weather
+28

High: +28° Low: +27°

Humidity: 66%

Wind: E - 12 KPH

Denpasar (Bali) Weather
+30

High: +31° Low: +23°

Humidity: 90%

Wind: S - 4 KPH

Yogyakarta Weather
+26

High: +26° Low: +23°

Humidity: 92%

Wind: S - 9 KPH

Back To Top