copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Nikmatnya Kolak Ketan Durian Wonosalam


Jombang-(satujurnal.com)
Buah durian tak hanya legit dan lezat saat disantap. Buah ini juga banyak diolah menjadi aneka penganan tradisional, diantaranya kolak ketan durian.

Kolak ketan durian ini bisa ditemui di kawasan wisata Wonosalam Kabupaten Jombang.

Di musim panen raya durian di kawasan wisata Wonosalam, Kabupaten Jombang saat ini pemburu buah durian tidak saja mendapati hamparan buah durian yang dijajakan di sepanjang badan jalan kawasan Wonosalam, namun bisa merapat ke warung yang menyediakan kolak ketan durian.

Meski diolah menjadi kolak , namun aroma wangi dan cita rasa daging buah durian Wonosalam yang eksotis ini tetap melekat. 
Penganan tradisional kolak ketan durian olahan warga yang tinggal di lereng gunung Anjasmoro ini pun kini menjadi primadona. Kini bagi banyak wisatawan, tak lengkap berburu durian di kawasan ini jika belum menyantap kolak ketan durian.

Sarno, salah satu penjual kolak ketan durian di warung gunung jalan raya Wonosalam bertutur ikhwal berniaga penganan tradisional yang kini kian digemari penikmat durian dari berbagai kota itu. 

Menurutnya, kolak ketan durian olahannya jadi alternatif bagi penyuka durian. "Agar penikmat durian tidak jenuh menikmati rasa buah durian dengan cara pecah buah," katanya.

Sarno membandrol Rp 5 ribu untuk semangkok kolak ketan durian olahannya. Harga yang relatif murah untuk penganan yang legit dan lezat itu.

Sarno pun membeber rahasia dapur kolak ketan durian andalannya.

Pertama bahan disiapkan, sebuah durian montong di kupas dan diambil buah durianya. Satu kilo gram gula pasir, dua lembar daun pandan wangi dan seember santan.

Setelah itu buah durian dimasukan ke larutan santan dan dimasukkan gula pasir serta pandan wangi lalu direbus hingga mendidih. 
Kolak ketan durian pun siap dihidangkan.

Lebih nikmat kuliner kolak ketan durian ini disantap pada saat sore hari, karena pada sore hari cuacanya dingin.

Tak heran jika banyak wisatawan luar kota banyak yang menyukai kuliner kolak ketan durian ini, karena rasa kolak ketan durian lebih nikmat dibanding dengan kolak yang biasa kita jumpai.(rg)

Labels: kuliner

Terima Kasih Telah Membaca Nikmatnya Kolak Ketan Durian Wonosalam. Silahkan Berbagi...!

1 Comment for "Nikmatnya Kolak Ketan Durian Wonosalam"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top