copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Perajin Cor Kuningan Resah, Rupiah Kian Melemah Ancaman Gulung Tikar Didepan Mata

Jombang-(satujurnal.com)Keresahan akibat anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar kembali dialami para perajin kuningan cor di sentra kerajinan kuningan cor Desa Sanan, Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang.

Para perajin resah karena harga bahan baku untuk membuat kerajinan kuningan kini naik. Seperti kuningan batangan yang awalnya hanya seharga Rp 40 ribu kini naik menjadi Rp 45 ribu perkilogram. Demikian juga dengan lilin yang dipakai membuat cetakan harganya juga naik dari Rp 18 ribu menjadi Rp 22 ribu perkilogramnya.

Kenaikan ini  membuat para perajin pusing tujuh keliling karena harga jual kerajinan kuningan cor tidak bisa serta merta ikut naik.

Parga produk kuningan cor masih tetap seperti sebelumnya mulai dari yang terkecil seharga Rp 17.500 hingga ukuran yang paling besar dan artistik seharga Rp 50 juta.

Di desa Sanan beberapa tahun lalu mayoritas warganya berprofesi sebagai perajin kuningan cor. Namun karena harga bahan baku yang terus naik  banyak perajin yang sudah gulung tikar dan kini hanya tinggal sekitar 50 persen saja yang masih bertahan.

Setia pamuji, satu dari puluhan perajin kuningan cor di Desa Sanan mengaku bingung. Pamuji mengaku sudah berusaha melobi para buyer yang menjual produknya di berbagai kota dan luar negara untuk menaikkan harga tapi para buyer tersebut menolak dan mengancam akan beralih membeli produk ke perajin yang lain.

Alasannya mata uang sejumlah negara pelanggan kuningan cor seperti Eropa kini juga turun. Pamuji dan para perajin cor kuningan berharap pemerintah segera menstabilkan nilai tukar rupiah agar industri kerajinan kuningan cor seperti mereka tidak terguncang. Sebab jika kondisi ini dibiarkan, para perajin khawatir mereka akan gulung tikar. (rg)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: industri

Terima Kasih Telah Membaca Perajin Cor Kuningan Resah, Rupiah Kian Melemah Ancaman Gulung Tikar Didepan Mata. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Perajin Cor Kuningan Resah, Rupiah Kian Melemah Ancaman Gulung Tikar Didepan Mata"

Back To Top