copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Petani, TNI dan Polri Ramai-Ramai Gropyok Hama Tikus

Jombang-(satujurnal.com)
Puluhan petani dibantu anggota TNI dan Polri menggelar gropyokan berburu hama tikus dengan memanfaatkan anjing pemburu di lahan pertanian Desa Kebondalem, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Selasa (31/03/2015).

Perburuan tikus biang rusaknya tanaman padi secara massa ini dilakukan agar para petani tak kian terpuruk akibat merugi, seperti yang dialami petani di musim panen kali ini.

“Hama tikus yang menyerang saat musim panen ini benar-benar merajalela. Agar kelangsungan panen berikutnya bebas dari hama tikus, kita gropoyan tikus dibantu anggota TNI dan Polri,” kata Kamid, salah satu petani.

Perburuan hama tikus, lanjut Kamid, dengan memanfaatkan anjing pemburu yang mempunyai daya endus kuat. “Ada dua anjing yang dilepas untuk memburu tikus,” imbuhnya.

Selain memanfaatkan anjing, para petani juga melakukan pengasapan pada lubang lubang tikus. Dengan menggunakan belerang yang dibakar dan dimasukan kedalam lubang tikus di pematang sawah, puluhan petani bersama anggota TNI dan Polri, melakukan pengasapan.

Sedang anjing yang dilepas terus mengendus di lubang-lubang persembunyian hama tikus. Sekali endus, keberadaan tikus di dalam lubang pun tercium. Hama tikus yang keluar dari lubang akibat terkena pengasapan pun digropyok ramai-ramai.

Anjing pemburu milik petani ini sigap mengoyak-oyak tikus yang didapatnya.
Pemberantasan hama tikus dengan gropyokan dan pengasapan ini bagi petani merupakan cara yang cukup efektif.

Diharapkan, musim panen berikutnya, padi mereka tidak lagi terjamah hama tikus maupun hama padi lainnya.  

Sementara itu, Bupati Jombang Nyono Suharli mengatakan, meskipun tanaman padi di wilayahnya banyak yang diserang hama tikus dan wereng, namun hasil panen petani meningkat dibanding tahun lalu. Tahun ini ini seluas 15.000 hektar dari 16.000 hektar berhasil dipanen. (rg)


Labels: pertanian

Terima Kasih Telah Membaca Petani, TNI dan Polri Ramai-Ramai Gropyok Hama Tikus. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Petani, TNI dan Polri Ramai-Ramai Gropyok Hama Tikus"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top