Proyek Wisata Air Panas Pacet Telan Rp 50 Miliar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Proyek Wisata Air Panas Pacet Telan Rp 50 Miliar

Mojokerto-(satujurnal.com)
Kawasan wisata Air Panas Pacet, Kabupaten Mojokerto dipoles menjadi kawasan wisata berstandar nasional. Anggaran Rp 50 miliar dari kantong APBD 2015 dipastikan digelontorkan untuk menjadikan kawasan yang diperluas hingga 65 hektar itu dengan waterpark, parkir dan pasar wisata. 

“Pemkab Mojokerto tahun ini memang focus mengembangkan kawasan Air Panas Pacet agar bisa jadi destinasi wisata Jawa Timur. Disiapkan anggaran Rp 50 miliar untuk kepentingan proyek ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto, Didik Kusnul Yakin, Kamis (26/3/2015). 

Dijadwalkan proyek seni yang sekarang sudah memasuki tahap lelang itu bakal rampung tahun 2015 ini. 

“Tahapan untuk pelaksanaan proyek sudah dilaksanakan. Bahkan, prosesnya sudah memasuki tahap lelang amdal dan perencanaan. Kalau semua berjalan sesuai rencana, akhir Mei lelang pembangunannya bisa dimulai sehingga bulan Juli proyek sudah bisa mulai dikerjakan," kata Didik.

Sedang pengelolaan wisata yang selama ini dipegang pihak ketiga, ujar Didik, sekarang diambil alih Pemkab Mojokerto. 

Soal pengembangan wisata itu, sebelumnya Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP) menyatakan optimis akan mulus sesuai rencana. Ini lantaran sudah terjadi koordinasi dengan Perhutani soal penambahan lahan. 

Kebijakan Bupati MKP ini disambut positif pelaku pariwisata di Kabupaten Mojokerto. Menurut para pelaku wisata, perbaikan obyek wisata bakal menyedot wisatawan lebih banyak lagi. Dampak positif yang timbul, sektor ekonomi pun kian hidup. 

"Hotel maupun usaha kuliner di sekitar lokasi wisata akan ikut merasakan dampak positifnya. Efek secara ekonomi menjadi positif," ujar Satuin, ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Mojokerto (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional