copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Tutup Nyepi dengan Sembahyang dan Bermaafan

Jombang-(satujurnal.com)
Prosesi rebutan makanan dan saling bermaaf-maafan menjadi penutup tapa brata di hari raya Nyepi oleh umat Hindu di Dusun Ngepeh Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang, minggu (22/3/2015) pagi.

Ritual tersebut sebagai bentuk suka cita setelah berpuasa selama 24 jam penuh melakukan melakukan tapa brata penyepian. Bagi umat hindu saat seperti ini adalah yang paling mereka nantikan.

Umat hindu meyakini pasca melakukan tapa brata penyepian seperti amati geni atau tidak menyalakan api, amati lelungan atau tidak bepergian, amati karya atau tidak bekerja dan amati lelaungan atau tidak bersenang-senang, hari ini diri mereka telah suci kembali.

Sebagai penutup pasca melakukan persembahyangan umat Hindu di Jombang ini melakukan tradisi unjung-unjung, seperti umat Islam dengan mengunjungi sanak saudara untuk saling bermaaf-maafan.

Di hari raya Nyepi tahun 2015 ini umat Hindu berharap mereka akan senantiasa diberi keteguhan dalam menjalankan keyakinannya meski selama ini merasa masih di diskriminasi oleh pemerintah Kabupaten Jombang. Terbukti dalam berbagai kegiatan keagamaan umat Hindu tidak pernah mendapat alokasi anggaran sedikitpun dari pemerintah.(rg)


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang

0 Comment for "Tutup Nyepi dengan Sembahyang dan Bermaafan"

Back To Top