Massa GSBI Turun Jalan Menolak KAA - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Massa GSBI Turun Jalan Menolak KAA



Jombang-(satujurnal.com)
Buruh sejumlah pabrik di Jombang yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI)
,aksi turun ke jalan menolak Konferensi Asia Afrika (KAA), Rabu (22/04/2015).

Mereka menilai KAA tidak sesuai dengan Dasasila Bandung.

Selain itu buruh menilai Indonesia tidak berposisi pada kelompok non blok yang murni, tapi berpihak pada negara Amerika Serikat.

Massa GSBI ini beraksi di jalan KH Wahid Hasyim, depan kantor Disnakerstran. Meskipun jumlah buruh yang berunjukrasa tidak cukup banyak, namun kepolisian mengamankan aksi pengunjukrasa cukup ketat.

Selain membentangkan poster, dalam aksinya buruh berorasi secara bergantian. Buruh menyatakan menolak KAA karena tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Sila Bandung

Indonesia dinilai tidak non blok seperti misi negara-negara peserta KAA. Sebab faktanya Indonesia berpihak pada negara Amerika Serikat.

Aksi berlangsung dengan tertib meski sempat mengganggu lalulintas.

Peserta aksi membubarkan diri tanpa insiden.

Selain menolak KAA  yang melibatkan negara Amerika Serikat, aksi buruh ini juga sebagai pemanasan untuk beraksi secara besar-besaran pada hari peringatan buruh se dunia May Day yang akan datang.

Tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi May Day mendatang terkait kenaikan upah, pembatalan rencana pemotongan upah buruh PT Venesia Footwear sebesar Rp 86 ribu dengan alasan biaya  pemeriksaan kesehatan serta tuntutan agar pemerintah menindak tegas pengusaha nakal.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional