May Day, 2.500 Petugas Gabungan Diturunkan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

May Day, 2.500 Petugas Gabungan Diturunkan


Jombang-(satujurnal.com)
Sebanyak 2.500 pesonil gabungan Polri, TNI serta Satpol PP Jombang diturunkan untuk pengamanan Hari Buruh atau May Day, 1 Mei besok.

Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi \(Dinsosnakertrans) setempat dijadikan titik konsentrasi petugas.

Kapolres Jombang, AKBP Ahmad Yusep Gunawan mengutarakan hal itu usai menggelar apel pasukan engamanan May Day di lapangan pemkab setempat, Kamis (30/4/2015).

"Seluruh pasukan sudah siap. Kita menerjunkan 2.500 petugas. Selain dari Polri, ada juga dari TNI dan Sapol PP," ujar Ahmad Yusep.

Menurut Kapolres, sistem keamanan dilakukan secara sistemik. Segala kemungkinan yang terjadi pun siap dihadapi petugas, semisal bentrok antara petugas dan massa. Bahkan polisi juga sudah mengantisipasi kemungkinan adanya sweeping pabrik.

Namun demikian, Kapolres meyakini perayaan Mayday di Kota Santri berjalan aman tertib dan lancar.

“Perayaan May Day disini juga diramaikan dengan jalan sehat buruh. Jadi kami yakin Mayday tahun 2015 ini berjalan aman, tertib, serta lancar," kata Ahmad Yusep menegaskan.

Sementara itu, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko mengatakan, kemungkinan buruh menyoal upah dalam moment May Day sangat kecil. Karena di Jombang UMK sudah sesuai KHL (kebutuhan hidup layak). “UMK di Jombang sebesar Rp 1.725.000. Nilai ini cukup tingga disbanding daerah tetangga kita,” ucapnya. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional